Alasan Mobil MPV dan LCGC Dominasi Pasar Indonesia

Sabtu, 12/06/2021 18:59 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Penjualan mobil pada masa normal sebelum pandemi Covid-19 rata-rata mencapai 1,1 juta unit atau 1,2 juta unit. Hal ini membuat pasar otomotif di Indonesia menjadi incaran banyak pemain otomotif di dunia.

Lalu mobil apa saja yang paling mendominasi pasar Nusantara dengan sebaran lebih dari 17 ribu pulau ini?. Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Jongki Sugiarto mengakui mobil paling dominan di Indonesia adalah Multy Pupose Vehicle (MPV).

"Di Indonesia, kendaraan paling tinggi penjualannya itu setiao tahun adalah MPV. Indonesia itu, equivalen dengan MPV. Penjualannya itu rata-rata mencapai 500 hingga 600 ribu unit setahun atau 51% dari total penjualan nasional," kata Jongki beberapa hari lalu.

Selain MPV, mobil lain yang paling diincar atau diminati konsumen di Tanah Air adalah mobil KBH2 atau Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau atau yang kerap disebut LCGC (Low Cost Green Car).

"Kendaraan berikut yang laris di pasar itu yang kita sebut KBH2 atau LCGC. Penjualannya setiap tahun itu mencapai 21%. Segmen-segmen ini saja yang menguasai pasar otomotif di Indonesia," bebernya.

Mengapa mobil-mobil ini yang menjadi raja dan diminati di Indonesia? Jawabannya senderhana karena harga kedua jenis mobil tersebut cukup terjangkau masyarakat. Menurutnya masyarakat kita punya daya beli dengan range harga dibawa Rp 250 juta.

"Daya beli masyarakat kita ada pada kendaraan-kendaraan dengan harga jual di bawa 250 juta. Nah mobil-mobil inilah, yang bisa dijangkau karena harganya berkisar diangka tersebut. Paling tidak kisaran Rp 250 juta. Maksimal di Rp 300 juta. Itulah kendaraan MPV yang kita sebut Low MPV dan kendaraan LCGC," tuturnya. (elk)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine