F1 2021 Prancis: Verstappen Gulung Hamilton Dengan Gap 0,008 Detik, Fernando Alonso 4 Besar

Sabtu, 19/06/2021 10:20 WIB

mobinanews (Prancis) - Ketatnya rivalitas Max Verstappen dengan Lewis Hamilton tergambar dari aksi keduanya pada FP2 GP Prancis, Jumat (18-6-2021) di Sirkuit Paul Ricard. Sama-sama jajal ban lunak, speed mereka hanya beda 0,008 detik.

Ini menjanjikan pertarungan besar pada sesi kualifikasi Sabtu besok. Ikut dalam pertarungan berebut pole position itu adalah rekan Hamilton di Mercedes, Valtteri Bottas, yang tercepat di FP1.

Hal aneh terjadi pada Bottas. Pembalap Finlandia itu cetak waktu terbaiknya di FP1 dengan ban berkompon medium. Tapi dengan ban lunak di FP2 justru kecepatannya kendur. Best time-nya lebih buruk 0,338 detik. Aneh karena seyogyanya catatan waktunya kudu membaik di sore hari dengan ban yang daya cengkeramnya lebih oke. Belum jelas apakah itu efek dari pertukaran sasis mobilnya dengan Hamilton. Sebab di sisi lain Hamilton mengeluhkan sasis itu lewat radio meski bisa imbangi waktu Verstappen. Dengan alasan menyeimbangkan jarak tempuh, Mercedes menukar sasis W12 kedua pembalapnya itu.

Selain rivalitas di atas, sisi lain yang jadi buah bibir di FP2 adalah kiprah Fernando Alonso dalam musim pertamanya kembali ke trek F1. Untuk kali pertama musim ini juara dunia 2 kali itu sukses membawa Alpine ke posisi 4 Besar. Disebut-sebut sebagai buah dari pergantian sayap belakang mobil tim yang sebelumnya bernama Renault itu. Menuju home race Renault di Prancis, mereka gunakan modifikasi rear wing yang lekukannya mirip punya RB16B milik Red Bull Honda.

Saat ini Verstappen unggul 4 angka atas Hamilton di klasemen pembalap. Best time keduanya dicetak saat sama-sama melakukan simulasi dengan ban lunak. Dengan selisih waktu serapat itu, pertempuran lanjutan dengan kompon ban sama akan terjadi dalam 3 fase kualifikasi pada Sabtu esok. Membuat pasar taruhan menebak calon pole sitter pun gonjang-ganjing.

Siapa yang bakal P1? Dan, sejauh mana laju Alonso bersama besutannya? (rnp)

 

 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!