F1 2021 Styrian: Verstappen Terlalu Dominan, Permalukan Mercedes dan Penonton Bosan!

Minggu, 27/06/2021 23:42 WIB

mobilinanews (Austria) - Tak ada drama di Red  Bull Ring dalam rangka GP Styrian, Minggu (27/6/2021). Max Verstappen dan Red Bull Honda terlampau dominan di sana. Faktanya, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas dari skuad Mercedes ia tinggal dengan marjin waktu sangat telak. Dominasi Mercedes pun berakhir.

Selama ini, Hamilton dan Mercedes yang mendominasi balap F1. Hari ini sebaliknya, Verstappen yang dominan dari awal hingga finish.

Kalau sebelumnya dominasi Hamilton bikin bosan suasana balapan, kini Verstappen yang bikin bosan. Ia terlalu jago untuk ditundukkan di kandang Red Bull. Bahkan Hamilton pun bosan dengan balapannya karena hanya bisa pasrah tanpa bisa berbuat banyak untuk lakukan serangan.

"Benar-benar balapan yang sepi, sendiri-sendiri. Saya hanya bisa berjuang mempertahankan ban saya. Mereka terlalu perkasa, terlebih di trek lurus. Kami banyak tertinggal di situ," kata Hamilton yang masuk finish dengan kekalahan 35,743 detik.

Benar-benar jarak keterlaluan! Gunakan trik dua kali pitstop pun tak mengubah lajunya.

Valtteri Bottas yang finish ke-3 ditinggal Verstappen lebih jauh lagi. Hampir 47 detik, padahal sama-sama gunakan sekali pitstop.

Jarak ini jadi daya menarik karena kedua joki Mercedes itu melakoni race dengan bersih dalam arti kata tak ada insiden atau kerusakan teknis pada mobilnya. Murni karena kecepatan lawan yang lebih gila.

"Saya tak tahu dari mana mereka mendapatkan kecepatan seperti itu. Tunggu kami untuk menemukan jawabannya," tutur Hamilton yang sebelumnya menyebut rear wing dan mesin baru Honda jadi kunci sukses Verstappen.

Berbeda dengan lawan, kubu Red Bull Honda sungguh menikmati dominasi mereka saat ini. 

"Ini kemenangan kami paling dominan atas Mercedes selama ini. Itu sangat menggembirakan," komentar Team Principal Red Bull Honda, Christian Horner.

Buat Verstappen ini adalah kali pertama menang di Red Bull Ring. Makin cakep karena bisa ia sandingkan dengan status pole sitter.

Seperti halnya Horner, pembalap Belanda itu pun menikmati dominasinya yang sangat `membosankan` itu.

"Mobil kami benar-benar on fire hari ini. Selepas start saya langsung rasakan kecepatan dan keseimbangan luar biasa. Benar-benar sempurna. Saya tak sabar menanti pekan depan," kata Verstappen yang kini meninggalkan Hamiltn di kalsemen pembalap dengan keunggulan 18 poin.

Akhir pekan pekan depan 2-4 Juli 2021, race lanjutan berlangsung di sirkuit sama dengan tajuk GP Austria.

Jika Mercedes belum juga mampu dapatkan solusi pengembangan untuk W12-nya, bisa jadi balap lanjutan ini pun akan sama hasilnya : dominasi Verstappen dan Red Bull Honda. (rnp)

 

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine