Jaga Grill Mobil Tetap Mengkilap, Bisa Dilakukan Dengan Cara Sederhana Ini

Senin, 05/07/2021 18:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Grill mobil kerap diabaikan dan jarang mendapat perhatian ketika pemilik mobil melakukan perawatan. Lantas bagaimana sebuah gril mobil harus diperhatikan.

Sebagaimana sebelumnya dijelaskan bahwa grill tidak hanya sebagai kosmetik atau pemanis pada wajah mobil, maka bagian ini perlu mendapat perhatian sehingga ia tidak sampai berkerat atau kelihatan kusut sehingga memberikan kesan kurang bagus pada wajah mobil.

Grill mobil sendiri merupakan pelindung atau filter di bagian depan mobil sekaligus komponen yang membuat mobil terlihat lebih menarik.

Maka dari itu, kondisi grill haruslah terjaga dan kalau bisa terhindar dari karat dan kotoran yang menumpuk.

Berikut langkah sederhana dalam merawat grill Umumnya, grill menjadi kotor karena debu yang menempel dan juga kotoran dari hujan. Jika tidak dibersihkan secara rutin, bukan tak mungkin grill akan cepat terlihat kusam. Maka perlu dibersihkan saat cuaca tak menentu.

Campurkan shampoo dengan air, paling tidak, perbandingannya 1:3 untuk sampo dan airnya. Fungsi dari shampo mobil ini tak lain untuk mengangkat kotoran yang menempel di bagian grill mobil.

Oleskan campuran air dan sampo mobil ke grill. Tak perlu disiram, tapi gunakan sikat kecil atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Oleskan ke seluruh bagian grill hingga ke bagian yang sulit terjangkau. Dengan begitu, seluruh bagian grill mobil sudah terkena cairan shampo.

Shampo ini akan membuat kotoran dan debu menjadi terlepas dari bagian grill. Setelah itu, gosok seluruh bagian grill. Gunakan sikat halus dalam membersihkan grill. Pastikan tak ada satu bagian pun yang terlewat.

Lap gril dengan kain katun yang memiliki tekstur lembut sehingga tidak meninggalkan goresan halus atau butiran air yang tersisa yang bisa memicu terjadinya jamur pada bilah grill.

Langkah selanjutnya untuk membuat grill mobil menjadi bersih adalah mengelap dengan kain katun. Dari sekian banyak jenis kain, mengapa hanya kain katun yang dianjurkan?

Sebab, kain katun memiliki tekstur dan permukaan yang lembut serta memiliki daya serap yang baik

Langkah terakhir dalam membersihkan grill mobil, yaitu mengoleskan wax. Wax berfungsi untuk membuat bagian yang dioles menjadi lebih mengkilap dan tidak mudah kotor.

Oleskan wax di seluruh bagian grill agar kebersihan dan kilapnya terjaga hingga berhari-hari. (elk)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!