F1 2021 Hungaria: Sejak Insiden Silverstone, Ini Kali Pertama Max Verstappen Adu Mulut Dengan Hamilton!

Kamis, 29/07/2021 23:23 WIB

mobilinanews (Hungaria) - Tiba di Sirkuit Hungaroring pada Kamis (29 Juli 2021) hari ini,  Lewis Hamilton dan Max Verstappen langsung disambar media dan diungkitlah masalah insiden kontroversial di GP Inggris. Keduanya adu mulut lewat media, posisi Verstappen menyerang dan Hamilton bertahan.

Seperti protes resmi tim Red Bull Honda yang sudah disampaikan ke FIA, Verstappen bicara panjang lebar soal kronologi tubrukan yang membuatnya gagal melanjutkan lomba dan Hamilton jadi juara.

Intinya, ia sama sekali tak merasa membuat kesalahan. Fakta kemudian bahkan stewards yang menghukum rivalnya 10 detik plus 2 penalti poin pada lisensinya.

Ia pertanyakan mengapa hanya 10 detik, dibandingkan dengan akibat yang ia terima. Soal ini telah dijelaskan Race Director FIA Michael Masi bahwa saat membuat keputusan para stewards tidak memperhitungkan dampak lebih lanjut dari keputusn yang dibuat. Yang dibahas murni fakta pada kasusnya.

Verstappen juga menyinggung komentar Hamilton usai balapan. yang menyebut pembalap Belanda itu terlampau agresif. Ia menyebut dirinya adalah pembalap keras, yang berjuang keras di dalam lintasan.

Ia tak agresif dalam konotasi negatif karena faktanya ia tak pernah menubruk pembalap lain. Ia juga tak punya penalti poin pada lisensinya. Bandingkan dengan Hamilton yang saat ini sudah mengoleksi 4 angka hukuman, termasuk 2 dari kasus Silverstone.

"Jangan terlalu mudah memberi cap agresif kepada orang lain. Kalau saya seperti itu maka saya juga bisa mendorongnya ke tembok lintasan," kata Verstappen.

Dalam kesempatan bicara dengan berbagai media ini, andalan tim Red Bull Honda itu mengulangi perasaan yang sempat dilontarkan saat berada di rumah sakit.

Ia menilai Hamilton tak elok merayakan kemenangan dengan selebrasi berlebihan di Silverstone sementara ada orang lain berada di rumah sakit akibat ulahnya.

Pada lokasi sama, Hamilton juga angkat bicara lewat media. Ia tak menyinggung kronologi kecelakaan dan hukuman dari stewards. Yang jelas ia merasa caranya mencoba nyalip saat itu benar dan akan ia ulangi jika dalam situasi yang sama. Juga tak mengoreksi sebutan agresif yang ia sematkan pada Verstappen.

Yang ia tak terima adalah penilaian Verstappen soal selebrasinya dengan berkeliling sirkuit dengan mengibar-ngibarkan bendera Inggris. Seolah ia tak peduli dengan kondisi lawannya. 

"Tak ada di antara kami yang ingin saling melukai satu sama lain. Usai kecelakaan, saya melihat dari layar kalau ia keluar mobil dalam keadaan okay. Dan, jujur saja, saat itu saya tak sadar kalau ia dibawa ke rumah sakit. Ini belakangan saya ketahui. Sebelum selebrasi tim kami pun sudah dapat kabar dari FIA kalau Max baik-baik saja," sebut Hamilton.

Ia pun menyebut selebrasi itu sama sekali tak direncanakan. Itu muncul spontan terdorong oleh emosi yang tinggi karena beberapa hal saat bersamaan.

Pertama karena GP Inggris adalah home race-nya dengan local fans yang sangat bergairah dan Hamilton larut dalam situasi itu.

Kedua karena kali ini banyak penonton yang boleh masuk sirkuit, tak seperti tahun lalu yang kosong. Bagi Hamilton, kehadiran mereka memiliki arti tersendiri. 

"Tentu saja karena ini adalah perjuangan keras yang kami sungguh nantikan hasilnya. Dan, saya tak bisa menyembunyikan emosi saya. Ini satu hal yang alami," ungkap Hamilton merujuk pada lima kekalahan beruntunnya sebelum seri Silverstone.

Perang kata di antara keduanya bisa saja berlanjut jika hasil sidang FIA hari ini juga sudah keluar, entah seperti apa putusannya.

Yang jelas, keduanya sudah harus berjibaku lagi di lintasan pada sesi latihan Jumat (30/7/2021) esok. Untuk melihat siapa yang tercepat sementara. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine