Lewis Hamilton: "Ini Bukan Balapan, Kembalikan Uang Penonton Yang Dirampok!"

Senin, 30/08/2021 21:53 WIB

mobilinanews (Belgia) - Juara dunia bertahan Lewis Hamilton benar-benar kecewa dengan situasi GP Belgia kemarin. Ia pun menuduh keputusan melakukan 2 lap untuk `balapan` semata agar semua yang terlibat mendapat uangnya. Ini, katanya, hanya demi uang.

Ia akui cuaca memang tak ada yang bisa mengaturnya. Itulah yang membawa bencana di GP Belgia di mana semua orang menunggu lebih dari tiga jam, sebelum melihat pembalap dipandu Safety Car keliling sirkuit sebanyak dua laps.

Dan, dua laps itulah yang dijadikan patokan untuk membagi poin meskipun hanya setengah sesuai peraturan.

"Saya suka balapan di tengah hujan. Tapi, kali ini memang tak mungkin dilakukan karena sama sekali Anda tak bisa melihat mobil di depan. Para bos melakukan rapat dan mengirim kami keluar untuk dua laps. Ini hanyalah skenario soal uang, agar semua sah mendapatkan haknya. Hari ini olahraga membuat pilihan yang buruk," kata Hamilton.

Sayangnya, pembalap tim Mercedes itu juga tak bisa menjelaskan apa seharusnya pilihan penyelenggara/race direction.

Hamilton paham soal regulasi minimal dua laps balapan agar bisa disahkan untuk pembagian poin, meski hanya separoh karena poin penuh hanya diberikan jika balapan sudah berlangsung 75% atau 3/4 dari durasi seharusnya.

"Tapi, yang dilakukan ini bukan balapan," sungut Hamilton yang oleh ketentuan itu dirugikan karena berarti finish di belakang Max Verstappen yang jadi rival utama dalam perburuan gelar 2021. Dari tadinya unggul 8 poin, kini ia hanya unggul 3 poin atas Verstappen.

Namun, bukan soal poin itu yang membuat driver Mercedes ini berang. Ia mengaku kasihan dan prihatin kepada penonton, sekaligus kagum dengan kesabaran dan antusiasme mereka.

"Merekalah yang hari ini jadi pemenang. Mereka tetap punya energi di luar sana," terang Hamilton.

"Tetapi, hari ini juga uang mereka dirampok oleh balapan ini. Mereka beli tiket tapi tak mendapatkan apa yang mereka sudah bayar dan ingin nikmati. Seharusnya uang mereka dikembalikan," lanjutnya.

"Semua orang di sini sudah mendapatkan uangnya dengan dua laps, sepantasnya penonton juga mendapatkan kembali uang mereka. Mereka ingin melihat race, dan kami sajikan bukan balapan," pungkas Hamilton. (rnp)

 

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik