Gokart : Raih P4 Overall Senior Rok, Debutan Davino Satria Putra Makin Termotivasi

Selasa, 07/09/2021 22:09 WIB

mobilinanews (Sentul) - Nama lengkapnya Davino Satria Putra. Tapi, cukup dipanggil Davino saja, remaja yang baru tahun ini terjun ke ajang Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup pasti akan menoleh.

Cerdas dan ramah, itu kesan pertama ketika bertemu pelajar kelas 3 SMA Garuda Cendikia Bangka, Jakarta Selatan ini.

Tapi yang menarik, Davino sukses meraih juara 4 kelas overall Senior Rok, putaran 4 Kejurnas Eshark Rok Cup di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Minggu (5/9/2021) kemarin.   

"Alhamdulillah bisa finish ke-4 overall kelas Senior. Jujur, aku selama balapan ini nggak kepikiran akan finish sebagus ini. Tahu sendiri kan, selain sebagai new comer, kelas Senior ini kalau aku bilang "kandang macan"," ujar Davino kepada mobilinanews.

Davino dengan 2 trofi kemenangan dari Eshark Rok Cup 2021

Iya, Davino dengan bendera DSR Racing yang ditukangi pentolan gokart Dony Sarwono, terbilang mengalami improve yang cepat.

Apalagi, debutnya langsung di kelas Para Dewa alias kelas Senior yang dihuni antara lain Silvano Christian, Zahir Ali, Prassetyo Hardja, Rava Mahpud hingga Akheela Chandra Dewanto yang merupakan pegokart sudah malang-melintang di berbagai event regional dan international. 

Toh, Davino mampu menggondol 2 trofi dan naik podium sebagai juara 3 Senior Rok Non-Seeded dan juara 4 Senior Rok. Wow, kereeen!

"Jadi balap round 4 kemaren di Eshark Rok Cup emang udah aku tunggu lama. Soalnya kan kira-kira udah 5 bulan kita ngga ada balapan karena si Covid. Dan, balapan kemaren emang nggak se-clean yang aku mau sih," tutur putra kedua pasangan Dirgantoro dan Aromanty ini. 

Pasalnya, mulai dari QTT, Davino menilai pace-nya kurang meski tetap positif dan optimis. Dia mikirnya, karena balapan masih panjang.

Di Heat 1, pace (kecepatan) pengidola Lewis Hamilton ini mulai bagus. Itu yang membuat Davino makin percaya.

"Terus di Pre Final, aku lumayan panik karena itu ternyata final untuk “Non-Seeded”, terus karena panik jadi nggak dapet pace yang bagus. Menurut aku, sepanjang hari itu, balapan terburuk di Pre Final," beber Davino.

Tapi, ternyata ia diuntungkan lawan di depannya, Auriol kena penalti 5 detik karena bumper masuk. Imbasnya, Davino jadi naik finish ke 3 untuk Non-Seeded.

Bersama Dony Sarwono (kedua dari kiri) dan kru DSR Racing 

"Tentunya, membuat aku seneng pas di paddock. Jadi bawaannya udah positif lagi. Pas Final, aku percaya diri aja dan "nothing to lose”. Aku push sebisa aku pada race 22 lap itu. Meskipun selama 10 lap, aku kehalang sama yang depan aku. Untungnya, akhirnya aku bisa lewatin dia dan tetep push the kart, alhamdulillah finish ke-4 overall senior," girang Davino. 

Maka itu, di putaran 4 Eshark Rok kemarin, jadi catatan prestasi terbaiknya. Di round 1 dan 2, dia kurang bagus soalnya itu baru kali kedua balap di Senior dan Davino finish di belakang

Di round 3, Davino yang tinggal di daerah Kemang, Jakarta Selatan ini mengalami improve karena mulai bisa mengikuti pace pembalap lain dengan finish ke-3 Non-Seeded dan ke-7 overall Senior Rok.

Soal Dony Sarwono selaku coach, Davino memujinya sangat bagus. "Kebetulan, om Dony teman baik ayah dan ibu aku juga, teman sekolah dulu. Terus, kita juga deketnya cepet. Jadi nggak yang bingung mau ngapain gitu. Walau pun pas awal balap tahun lalu memang masih bingung karena baru pertama hehee," ungkap Davino.

Dengan hasil putaran 4 Eshark ini, semakin memacu semangat Davino untuk bisa terus improve. Sehingga pada 2 putaran Eshark berikutnya, bisa semakin kompetitif dengan "para macan" di kelas Senior Rok. (bs)


 

TERKINI
Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia