Enduro Express Bengkel Sampah Tukar Oli, Upaya Tangani Sampah

Sabtu, 18/09/2021 02:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Masyarakat kini bisa ganti oli atau service ringan dengan membawa sampah secara langsung atau membawa buku tabungan sampah ke bengkel. Hal ini dilakukan sebagai ikhtiar PT Pertamina Lubricants (PTPL) menangani masalah sampah yang tinggi.

Melalui Subholding Commercial & Trading yang mengelola bisnis pelumas, salah satu pabrik pelumasnya Production PT Pertamina Lubricants Unit Jakarta (PUJ) berupaya menghadirkan bengkel "Sampah Tukar Oli"

Nantinya sampah yang dibawa akan ditimbang dan dikonversi ke dalam nilai rupiah agar dapat ditukarkan dengan oli ukuran 0,8/1 liter.

Bagi nasabah yang secara langsung membawa buku tabungan, maka biaya ganti oli atau jasa service ringan dapat langsung diambil dari saldo di buku tabungan. Kisaran harganya Rp 35.000 – Rp 50.000 untuk satu kali ganti oli sekaligus jasa service ringan motor roda dua.

Ikhtiar ini diwujudkan sebagai bagian dari upaya bersama untuk menjaga lingkungan dari sampah dari hasil aktivitas masyarakat. Berkaitan dengan itu, Pertamina Lubricants meluncurkan Enduro Express Bengkel Sampah Tukar Oli, Kamis (16/9/2021).

Bengkel ini berlokasi di Asrama Lingkungan Hidup, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Bengkel Sampah Tukar Oli ini merupakan inovasi yang lahir dari sinergi PTPL dengan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara.

Untuk pengelolaannya bengkel ini bersebelahan dengan Bank Sampah Induk Jakarta Utara, serta dikelilingi dengan 11 Bank Sampah Unit yang tersebar di wilayah Asrama Lingkungan Hidup Jakarta Utara.

Menarikanya, mekanik bengkel tersebut merupakan masyarakat RW 03 Kelurahan Semper Barat yang sudah berpengalaman di bidang otomotif roda dua.

Manager Production Unit Jakarta Dody Arief Aditya mengapresiasi kolaborasi PTPL dengan pemerintah daerah dan berharap bengkel ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi lingkungan dan masyarakat.

Hadirnya Bengkel Sampah Tukar Oli merupakan salah satu program dengan tujuan untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli sampah dan memberdayakan masyarakat agar mencapai kemandirian melalui pengelolaan bisnis bengkel.

Hal ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Keberlanjutan (SDGs) no 8 Pekerjaan Layak & Pertumbuhan Ekonomi, serta SDGs no 12 Konsumsi & Produksi yang Bertanggungjawab dengan peningkatan produktivitas masyarakat melalui pemanfataan limbah untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Utara Wawan Budirohman mengungkapkan bengkel ini merupakan upaya bersama mengatasi penumpukan sampah di Jakarta Utara, termasuk pengelolaan oli bekas.

“Bengkel ini adalah kolaborasi industri dan pemerintah dalam upaya mengatasi penumpukan sampah yang ada di Jakarta Utara. Harapannya, dengan dibukanya Bengkel Sampah Tukar Oli dapat mengurangi  secara langsung sampah di sumbernya," jelas Wawan Budirohman.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Achmad Hariadi menambahkan, Bengkel Sampah Tukar Oli ini dapat menjadi suatu alat percontohan bagi wilayah lain sebagai langkah dalam mengurangi sampah.

Disamping itu masyarakat juga mendapatkan manfaat ganti oli dan servis ringan untuk motor, mengingat saat ini motor adalah suatu hal yang cukup krusial di tengah masyarakat.

PTPL secara konsisten mengimplementasikan program pengembangan potensi pengelolaan sampah melalui pemberdayaan Bank Sampah di Jakarta Utara melalui pelatihan, mentorship, dan pendampingan.

Di tahun 2020, PTPL juga telah menjalankan program Sampah Tukar Oli melalui Bank Sampah Berkah Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara.

Program ini sejalan dengan komitmen Pertamina Go Sustainable yakni menjalankan bisnis dengan lebih ramah lingkungan dan turut berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 terkait Penanganan Perubahan Iklim. (Elk)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine