MotoGP 2021 : Tim Satelit Yamaha Berubah Nama, Andrea Dovizioso Jadi Rider Utama

Sabtu, 18/09/2021 14:25 WIB

mobilinanews (San Marino) - Berpisah dengan Sirkuit Sepang Malaysia sebagai team owner dan Petronas sebagai sponsor utama, mulai tahun depan tak ada lagi tim bernama Petronas Yamaha Srt pada grid MotoGP.  Posisinya diganti brand baru RNF MotoGP Racing dengan Andrea Dovizioso sebagai rider utama.

Yang tak berubah adalah statusnya sebagai tim satelit Yamaha. Team Principal-nya pun masih sama, Razlan Gazali yang eks CEO Sirkuit Sepang.

Sponsor utamanya adalah perusahaan energi Italia, WithU, yang meminta Dovi sebagai pembalap utama. Pembalap kedua disebut-sebut Darryn Binder (Afsel) yang akan naik langsung dari Moto3.  

Kehadiran tim RNF (tak disebut apakah ini sebuah singkatan atau sebuah brand) untuk musim 2022-2026 sudah diikat kontrak dengan tanda tangan Razali bersama CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta di sela-sela GP San Marino. 

"Ini perjalanan yang tak mudah bagi kami. Dalam beberapa bulan terakhir kami mengerahkan semua upaya untuk mengatur ulang, mengubah citra, dan meluncurkan kembali sebuah tim MotoGP yang lebih segar dan kuat," kata Razali seperti dikutip dari crash.net.

Dengan pengalaman memenej tim Petronas Yamaha Srt dengan sejumlah prestasi mencengangkan lewat Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, antara lain sebagai penyumbang kemenangan terbesar buat Yamaha tahun 2020, Razali menyebut tim barunya punya harapan tinggi untuk mengulangi prestasi sama bersama tim barunya. 

"Kami akan berusaha keras untuk memnuhi aspirasi ini," tegas Razali.

Dovi sendiri sudah memulai tugasnya sebagai pembalap tim satelit Yamaha pada sesi latihan GP San Marino di Misano, Jumat (17/9/2021) kemarin. Tentu dengan nomor start 04 kebanggaannya. Ini penampilan Dovi perdana setelah umumkan cuti sejak akhir musim 2020.

Tentu saja ia harus beradaptasi ulang dengan M1 Spec A peninggalan Franco Morbidelli yang naik ke tim pabrikan Yamaha. Wjar jika posisi finishnya di FP1 berada di urutan 24, dan kemudian diperbaiki jadi urutan 21 di FP2. 

Pada musim 2012, Dovi sempat menggeber M1 saat perkuat tim satelit Yamaha Tech3. Tapi, tetap saja motor baru ini seolah baru baginya karena begitu banyak yang berubah.

"Terasa aneh saat naik kali pertama. Terlalu banyak perubahan membuat saya tak nyaman mengendarainya. Tapi, ini lebih tentang posisi di atas motor dan ukuran motor daripada cara kerja motornya," kata eks pembalap tim pabrikan Honda dan Ducati itu.

Hingga akhir musim 2021, Dovi berpasangan dengan Valentino Rossi dalam tim Petronas Yamaha Srt. Tahun depan ia mendapat motor dan dukungan penuh dari pabrikan Yamaha

Rossi sendiri mersa senang berpasangan dengan Dovi hingga masa pensiunnya tiba di akhir tahun. Ini kali pertama kedua rider Italia itu berkolaborasi dalam satu tim.

"Kami berdiskusi selepas dualatihan awal. Semua komentar Dovi soal motor sangat menarik. Sayangnya, saya tak perlu lihat data miliknya karena spek motor kami yang berbeda," kata The Doctor yang berada dalam tim ini sebagai pembalap pabrikan Yamaha, dengan jatah motor yang sama dengan Fabio Quartararo. (rnp)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!