F1 2021 Turki: Red Bull Honda Pakai Livery Spesial, Mercedes Meledeknya di Medsos

Kamis, 07/10/2021 20:49 WIB

mobilinanews (Turki) - Rivalitas tim Red Bull Honda dengan Mercedes di ajang F1 memang sedang mendidih, ribut di semua hal. Bos kedua tim saling sindir sudah biasa. Perang urat syaraf acap dimainkan jelang balapan. Termasuk ke GP Turki akhir pekan ini.

Tadi pagi di sirkuit Istambul Park, Turki, Red Bull Honda memperkenalkan livery khusus yang digunakan Max Verstappen dan Sergio Perez.

RB16B didandani dengan kelir dominan putih. Itu untuk mengenang kemenangan pertama Honda di kancah F1, yang diraih Richie Ginther (AS) di GP Meksiko 1965.

Livery ini juga dimaksudkan untuk menghormati Honda yang akan out dari ajang F1 di akhir tahun 2021 ini.

Foto-foto cantik RB16B berkelir putih dipadu merah dan sedikit polesan hitam itu sontak bermunculan di kancah media sosial dengan beragam komentar. 

Rupanya, pihak Mercedes tak ingin kalah publistas. Juga lewat medsos, tim pabrikan Jerman ini menyentil soal livery itu dengan memasang beberapa foto Mercedes yang gunakan livery spesial di GP Jerman 2019, Sirkuit Hockenheim. 

"Specal livery? Kami pernah mencobanya," tulis Mercedes dengan tambahan emoji senyum terbalik, menandakan itu sebuah cibiran.

Hanya begitu reaksi Mercedes lewat twitter@Mercedes AMGF1. Tapi, dengan melampirkan beberapa foto, salah satunya adalah mobil Mercedes yang terparkir di gravel, sesungguhnya Mercedes menceritakan kemalangan mereka di GP Jerman 2019 itu. 

Saat itu, Mercedes juga tampil dengan livery khusus dominan putih untuk merayakan 125 tahun Mercedes bergelut di ajang motorsport. Karena itu seri Jerman, kandang mereka, yang dipilih.

Start dari P1 dan P3, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas tak seperti biasanya kuat di wet race kali ini malah keteteran. Keduanya sliding kesana kemari sampai menubruk dinding lintasan.

Akhirnya, Hamilton hanya mampu finish P9 sedangkan Bottas retire. Sang juara adalah Verstappen yang saat itu start dari grid 2.

Dengan caption dan foto-foto itu Mercedes jelas mengirim pesan kepada Red Bull Honda kalau livery istimewa itu bisa berakibat buruk seperti yang mereka alami di Hockenheim. Ini semacam upaya mengganggu semangat kubu Red Bull Honda dengan penampilan khususnya. 

Hingga malam ini `serangan halus` yang diluncurkan Mercedes belum ditanggapi pihak Red Bull Honda. Kalaupun nanti ada komentar, paling datangnya dari petinggi Red Bull macam Helmut Marko dan Christian Horner.

Tak mungkin ada tanggapan Verstappen. Soalnya pembalap Belanda ini paling malas adu bacot lewat media, apalagi medsos.

"Saya lebih suka `bicara` di lintasan balap. Kita buktikan saja di sana," kata Verstappen soal keengganannya melawan Hamilton yang rajin cuap-cuap di media sosial. (rnp)

 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!