Kemenperin Berdayakan IKM untuk Jadi Pemasok Komponen Otomotif

Minggu, 17/10/2021 05:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendukung industri kecil dan menengah (IKM) agar menjadi bagian dalam kemajuan industri otomotif.

Sejauh ini, IKM sektor logam telah berkontribusi positif terhadap rantai pasok industri otomotif nasional, karena pemasok komponen yang mendukung kinerja industri kendaraan bermotor.

Salah satunya adalah Sentra logam Ceper yang beroperasi sebagaiIKM pengecoran logam dan menghasilkan beberapa produk, di antaranya manhole, hydrant, komponen kapal, spare part mesin, komponen kereta, komponen alat berat, dan komponen otomotif.

Mendukung daya saing IKM logam di Sentra Ceper tersebut, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA), Kemenperin menggelar pembinaan untuk mengembangkan kompetensi teknis SDM, penguatan kualitas produk, pendampingan sertifikasi ISO, serta akses pasar dan kemitraan.

“Ditjen IKMA mendorong peningkatan peran IKM di Sentra Logam Ceper dalam rantai pasok industri otomotif nasional, salah satunya melalui kolaborasi program pengembangan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan Koperasi Batur Jaya (KBJ) Ceper,” kata Plt. Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Reni Yanita.

Koperasi Batur Jaya beranggotakan 137 IKM produsen komponen otomotif, komponen mesin pabrik, suku cadang kereta api, manhole, mesin teknologi tepat guna, meja kursi antik, serta berbagai produk dari pengecoran logam besi baja dan aluminium. Kolaborasi ini sudah terjalin sejak akhir 2016.

Pengembangan sentra IKM melalui kemitraan dengan industri besar bertujuan agar IKM dapat menjadi bagian dari supply chain industri besar, sehingga mereka mendapatkan kepastian pasar, bisa meningkatkan kualitas produknya sesuai dengan permintaan pelanggan, baik dari sisi produksi maupun manajemen.

Dalam kolaborasi tersebut, PT. TMMIN berperan mengasistensi, mendampingi, serta memberikan bantuan mesin kepada Koperasi Batur Jaya. Pada awal Januari 2019 lalu, KBJ berhasil memproduksi 200 buah cylinder sleeve dan mengirimkannya kepada supplier PT.TMMIN.

Sejauh ini, IKM di Sentra Logam Ceper terbukti mampu melakukan diversifikasi produk logam dengan memproduksi komponen otomotif yang sesuai dengan kebutuhan dan standar supplier PT. TMMIN, sehingga dapat meningkatkan peran dan kontribusinya dalam rantai pasok industri otomotif nasional.(elk)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!