Arab Saudi Gelar F1 Perdana, Ini Syarat Berpakaian Para Penonton

Selasa, 19/10/2021 00:08 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Dunia balap identik dengan busana kaos oblong dan celana pendek, khususnya bagi kru teknis di paddock. Cewek di dunia motorsport juga acap berparade dengan pakaian dan penampilan seksi.

Tapi, di GP Arab Saudi nanti jangan harap bisa lakukan hal yang sama.

Negara besar di Timur Tengah itu mulai tahun ini ikutan jadi penyelenggara balap F1. Event perdana digelar pada Minggu, 5 Desember 2021 di kota Jeddah. Trek jalan raya ini didesain dan dibangun desainer terkenal Hermann Tilke asal Jerman.

Konsep penyelenggaraannya full entertaintment, bukan saja lay out sirkuit yang dibentuk sedemikian rupa agar banyak slot salip-menyalip tetapi juga atmosfer di sekitarnya. Termasuk kehidupan malamnya.

Tapi, para personel F1 atau fans yang datang siap-siap saja dengan sejumlah aturan yang di negara masing-masing tak pernah ditemukan. Salah satunya adalah pakaian yang harus dikenakan.

Dikutip dari nlmotorsport.com, panitia penyelenggara sudah ingatkan pengunjung ke negara ini agar berpakaian sesuai dengan aturan lokal. Ada dress code yang harus dipatuhi.

Celana pendek dan rok mini, misalnya, haram hukumnya untuk dikenakan di ruang publik. Karena itu para kru dan pengunjung harus gunakan celana panjang karena bagian tubuh di atas lutut ke atas harus tertutup.

Begitu juga baju atau T-shirt, harus lengan panjang atau setidaknya tertutup hingga lengan. Dan, bahan transparan pun haram hukumnya. 

Untuk cewek yang gemar pamer punggung atau belahan dada, balapan di Jeddah ini pastinya bukan lokasi ideal untuk dikunjungi.

Yang berani tampil beda seperti itu pasti langsung dicokok petugas dan harus ganti busana yang sesuai. Untuk kaum hawa ini juga disarankan agar gunakan make up sederhana saja. 

Aturan lain adalah larangan berpelukan dan apalagi berciuman di hadapan umum. Penggunaan bahasa yang tak senonoh juga dilarang.

"Aturan ini berlaku bagi semua orang yang berkunjung ke Arab Saudi. Bukan hanya untuk personel F1," tulis nlmotorsport.com.(rnp)

 

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!