MotoGP 2021 Emilia Romagna: Fabio Quartararo Rawan, Terancam ke Jurang Q1

Jum'at, 22/10/2021 22:05 WIB

mobilinanews (San Marino) - Dari 2 FP awal, kandidat kuat juara dunia 2021 Fabio Quartararo gagal masuk 10 Besar. Sinyal bahaya buat sang jagoan Yamaha.

Trek saat FP2 sebenarnya tak sebasah FP1 sehingga rata-rata pembalap bisa tingkatkan catatan waktu dibandingkan FP1 dengan ban medium. Tapi, tak demikian dengan Quartararo. M1-nya hanya sanggup membawanya ke urutan 16 catatan waktu terbaik. 

Rawan buat El Diablo. FP3 pada Sabtu (23/10) diprediksi juga akan basah. Jika masih juga terlempar dari 10 Besar tercepat maka Quartararo harus rela ikut kualifikasi dari grup Q1.

Dan, jika sesi kualifikasi pun masih basah, maka ia harus ambil sikap: tetap cari aman atau ambil resiko fight ke Q2 untuk selanjutnya berjuang dapatkan posisi start barisan depan.

Pasalnya, Francesco Bagnaia yang jadi rivalnya berebut gelar, sementara ini tercepat ke-8 dan untuk sementara sudah lolos ke Q2.

Quartararo dan Bagnaia jadi sorotan tersendiri karena mereka berdua yang tersisa mempebutkan gelar 2021. Peluang Quartararo mengunci gelar di Misano terbuka hanya dengan syarat finish di depan Bagnaia.

Bagnaia sendiri harus juara di Misano seperti Misano1 bulan lalu agar peluang tetap terbuka di dua seri selanjutnya. 

Itu sebabnya faktor cuaca jadi krusial mulai FP3 dan kualifikasi. Karena di sisi lain semua tahu kalau Quartararo bukanlah pembalap yang suka tarung pada wet race. Terlebih dalam situasi sekarang, ia harus ekstra waspada memenej keunggulan 52 angka atas Bagnaia.

Jika benar-benar hujan di FP3 dan semua pembalap tak bisa tingkatkan waktu, maka perjuangan Quartararo dipastikan semakin berat di FP1.

Sebab, ia harus bertarung dengan Marc Marquez dan Pol Espargaro (Honda) serta Joan Mir (Suzuki) dan rekan setimnya di Yamaha - Franco Morbidelli untuk merebut 2 tiket ke Q2.

Sebelum balapan sesungguhnya melawan Bagnaia pada raceday, jelas semua sesi pada Sabtu esok menjadi perjuangan tersendiri bagi Quartararo. Yang layak diduga adalah ia bermain aman jika lintasan masih juga basah. Resikonya terlalu besar jika klontang di trek dan cedera. (rnp)

10 Pembalap Yang Sementara Lolos ke Q2:
1. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) – 1:41.305
2. Johann Zarco (Pramac Racing) + 0.927
3. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 0.986
4. Iker Lecuona (Tech3 KTM Factory Racing) + 1.271
5. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) + 1.286
6. Luca Marini (SKY VR46 Avintia) + 1.296
7. Lorenzo Savadori (Aprilia Racing Team Gresini) + 1.310
8. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) + 1.364
9. Danilo Petrucci (Tech3 KTM Factory Racing) + 1.470
10. Jorge Martin (Pramac Racing) + 1.504

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!