Merdeka Speed and Sprint 2021 : Fia Barlean, Navigator Dulu Driver Kemudian

Kamis, 28/10/2021 11:48 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pada ajang Merdeka Speed and Sprint 2021 di sirkuit Asoka Resort Forest Hill Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, 22-24 Oktober 2021 kemarin terselip beberapa nama perempuan di antara para cowok macho.

Bukan Canya Prasetyo, yang memang sudah paten namanya di arena speed offroad dan sprint rally. Bukan pula Felicia Ivana Hariono, driver dari Surabaya yang juga andal di slalom. Melainkan Fia Barlean (22 tahun), asal Batam, Kepulauan Riau.

Iya, dari nama belakangnya, bisa ditebak bahwa Fia merupakan putri pentolan offroad nasional asal Batam, Fransiscus Barlean KeL`Li

"Lengkapnya Christina Tiffiany Barlean, cukup dipanggil dipanggil Fia aja. Alumni Taylors University Malaysia, sekarang bekerja di Jakarta," ungkap Frans Barlean dengan senyum khasnya kepada mobilinanews.

Pada 3 event gelaran Banteng Motorsport tersebut, Fia didapuk sebagai navigator mendampingi sang ayah turun di kelas J3 dengan Jeep Wrangler di Kejurnas Sprint Rally.

Juga turun di kelas G4.2 Kejurnas Speed Offroad yang dilangsungkan selama 2 hari setelah gelaran Kejurnas Sprint Rally di venue yang sama.

Hasilnya, Frans Barlean dan Fia Barlean berhasil menjadi juara 1 di putaran 1 Kejurnas Speed Offroad, sedangkan Unggul Prakoso/Lanang Damarjati di urutan kedua.

Namun di putaran 2 hari Minggu (24/10/2021), gantian duet Unggul/Lanang juara 1, sedangkan Frans/Fia di posisi kedua. Mereka seperti kompakan, karena kebetulan sama-sama memperkuat tim Banteng Motorsport.

Namun menarik penuturan Frans Barlean pengusaha asal Batam ini tentang Fia merupakan putri ketiganya.

"Ini adalah yang kedua Fia jadi navigator. Sebelumnya di putaran 1 Kejurnas Sprint Rally di sirkuit Badak, Tanjung Lesung. Awalnya saya juga kuatir, karena offroad sama anak perempuan. Eh, tapi ternyata justru dia yang mau, dia yang minta. Ya udah gas deh," terang Frans.

"Pas di jumpingan, saya pikir Fia ciut atau ketakutan. Eh, malah menikmati, teriak-teriak senang hahaha," lanjut Frans.

Episode berikutnya, Fia sudah minta pengin nyetir alias jadi driver (pembalap). Namun Frans mengatakan Fia akan tetap menjadi navigator untuk kejurnas Sprint Rally dan Speed Road tahun ini, sambil belajar dulu.

Sebagai orang tua, Frans pun akhirnya menyerah pada anak. Untuk tahun depan, Fia sudah dibolehkan pegang mobil sendiri. "Kami siapkan mobil UTV Can Am untuk Fia. Biar tahun ini belajar dulu," tuturnya.

Nah, bakal seru nih tahun depan. Barlean and fam akan bareng-bareng ikutan event sprint rally, speed rally dan speed offroad dari Frans, Bintang dan Fia. (bs)

TERKINI
Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak! Hindari Tidur di Mobil Dengan AC Nyala, Hati-Hati Keracunan Gas CO GAC Aion Pakai Chasis Baterai Generasi Ke-3, Buat Mobil Listrik Lebih Aman Soal Isu BBM Pertalite Akan Dihapus, Pertamina Patra Niaga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir