MotoGP 2021: Sayap Marc Marquez Patah Lagi, Stefan Bradl Kembali Jadi Pengganti

Rabu, 03/11/2021 21:07 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Rider andalan Honda, Marc Marquez dipastikan tak mengaspal di GP Algarve, Portimao, Portugal, akhir pekan ini. Ia digantikan test rider Stefan Bradl yang tahun lalu juga gantikan juara dunia MotoGP 6 kali itu di sepanjang musim.

Tim Repsol Honda mengabarkan, Sabtu (30/10/2021) lalu Marquez jatuh dari motor offroad-nya saat latihan jelang GP Algarve di Portugal pekan ini. Ia alami gegar otak ringan namun diperbolehkan jalani perawatan di rumah. Tapi, ternyata kondisinya tak kunjung membaik. 

Dan, pada Rabu (3/11/2021) hari ini, tim memutuskan pemegang rekor juara dunia MotoGP termuda itu harus jalani perawatan intensif. 

"Usai kecelakaan Sabtu lalu ia dirawat di rumah, namun kondisinya belum juga membaik. Hari ini ia jalani pemeriksaan medis secara keseluruhan. Sebagai tindakan pencegahan, ia tak akan tampil dalam GP Algarve," bunyi pernyataan resmi Repsol Honda.

Kabar ini jelas menggemparkan fans MM93. Pasalnya, di GP Emilia Romagna lalu, Marquez tampil cemerlang dan finish P1. Saat menyentuh garis finish, ia berdiri dan menunjuk tangan kanannya.

Belakangan, gestur itu jadi tanda kalau cedera patah tulang tangan kanan yang berkepanjangan sejak tahun lalu kini ia rasakan mulai mendekati kesembuhan.

"Tak lagi sesakit sebelumnya saat harus belok tikungan kanan. Hanya terasa sakit pada dua lap terakhir. Ada kemajuan penting. Belum 100% tapi sudah sangat menyenangkan," tutur Marquez.

Perkembangan fisik itu yang membuat ia merasa bahagia di Misano, lebih dari kemenangan yang ia peroleh. Itu pula sebabnya sang adik, Alex Marquez, punya komentar tersendiri.

"Marc kini sudah kembali punya sayap. Ia akan terbang tinggi lagi," kata si adik yang membalap untuk tim LCR Honda.

Marquez sendiri merasa ia sudah bisa `terbang` lagi di atas RC213 V. Sudah bisa mengerahkan motor seperti keinginannya.

"Februari tahun depan (tes pra musim) mungkin belum sembuh total. Tapi, awal balapan di Qatar sepertinya sudah bisa tampil 100% seperti sebelum kecelakaan tahun lalu," katanya.

Sayangnya, `sayap` yang baru mau pulih itu kini kembali patah. Marquez harus turun lagi dari ketinggian. Bisa jadi ia akan istirahat hingga seri terakhir di Valencia agar lebih fokus pada pemulihan fisik untuk musim 2022.

Sejak celaka di GP Spanyol lalu, Bradl yang menggantikan Marquez hingga akhir musim 2020 dan seri awal 2021. Marquez baru come back pada GP Portugal di Portimao sampai akhirnya kembali menepi jelang ke Portimao lagi.

"Yang pertama saya harap Marc cepat pulih dan bisa kembali ke lintasan. Selalu tak mudah mengawali balapan setelah istirahat, tapi seperti biasa saya akan kerahkan seluruh kemampuan di atas RC213V," ucap Bradl yang akan lakoni penampilan kali kelimanya di musim 2021. (rnp)

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik