F1 2021 Meksiko: Dilema Local Hero Sergio Perez, Antara Kehormatan dan Pengabdian

Kamis, 04/11/2021 23:59 WIB

mobilinanews (Meksiko) - Pembalap kedua tim Red Bull Honda, Sergio Perez, kini memiliki pacuan sebagai mobil pemenang di F1. Keinginannya untuk meraih kemenangan di negeri sendiri, GP Meksiko, akhir pekan ini sangat terbuka. 

Kehormatan tersendiri bagi Perez jika P1 di depan para pendukung fanatiknya yang selalu antusias menyemangatinya.

Sejak Meksiko kembali menggelar F1, Perez selalu finish di zona poin (kecuali 2018 karena kecelakaan), padahal besutannya bukanah mobil dari tim papan atas.

Kini bergabung dengan Red Bull Honda, potensi Perez meraih P1 di kandang sendiri sangatlah besar. Terlebih setelah podium di GP AS dua pekan lalu, yang juga berlangsung dengan dukungan penonton yang membludak. Kemenangan di Azerbaijan telah membuktikan kapasitasnya di atas RB16B.

"Sangat menyenangkan kini memiliki mobil dan tim yang bisa diandalkan untuk menang di negara sendiri," katanya.

Sayangnya, kalaupun kesempatan menang itu terbuka lebar, ia harus pikirkan kepentingan lain. Yakni, pengabdian buat timnya sebagai bentuk dukungan buat Max Verstappen yang tengah berjuang meraih gelar juara dunia 2021. Rekan setimnya ini tengah memimpin klasemen dan unggul 12 poin atas juara dunia bertahan Lewis Hamilton (Mercedes).

Maka bisa dipastikan Perez akan terkena team order jika situasi memungkinkan ia memberikan kemenangan buat Verstappen agar selisih poin di klasemen semakin jauh dari Hamilton. Eks pembalap Racing Point itu sadar tugasnya sebagai team mate Verstappen.

"Kita akan melihat apa yang bisa dilakukan. Yang pasti saya mempersiapkan diri maksimal untuk balapan ini dan berjuang untuk posisi terbaik. Kami punya peluang membuat hasil besar pekan ini," kata Perez yang di GP AS sukses meraih double  podium bersama Verstappen.

GP Meksiko diawali dengan dua sesi latihan pada umat (5 November 2021) dan dari situ akan terdapat bayangan kira-kira bagaimana peluangnya untuk mengabdi kepada tim dan Verstappen.

Yang jelas para pengamat menempatkan Honda sebagai unggulan di Meksiko karena mesin Jepang ini dinilai lebih baik dari Mercedes di daerah ketinggian, sekitar 2200 meter di atas permukaan laut. 

Dan, tentu saja, yang layak dinanti adalah pengabdian macam apa yang akan dilakukan Perez? Atau pentingkan kehormatan di negeri sendiri? (rnp)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!