ISSOM 2021 : Abraham Franklin Ternyata Telah Kunci Juara STCR 1600, ITCR Max Selangkah Lagi

Kamis, 11/11/2021 15:58 WIB

mobilinanews (Bogor) - Pembalap andalan Siantarman Racing Team Indonesia (SMART) Abraham "Abi" Franklin Nadeak ternyata telah mengunci gelar juara umum kelas STCR 1600 usai putaran 5 ISSOM 2021 di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (7/11/2021).

"Mengenai sudah terkuncinya Juara Umum STCR 1600, awalnya aku juga tidak ‘ngeh’. Kalau dari hasil seri kemarin, ternyata aku udah juara umum STCR 1600 begitu liat hasil poin klasemen, walau pun Abi (panggilan akrab Abraham F) hanya finish ketiga, di belakang Demas Agil dan Haridarma Manoppo dari tim TTI,"  ujar Midian Gamaliel Siregar manajer tim  SMART.

Pesaingnya bukan Demas dan Haridarma yang baru turun di kelas STCR 1600 pada putaran 5 ISSOM, melainkan Reza Zulnizar yang menggunakan Honda Estilo.

"Namun secara poin, Abi sudah tidak mungkin terkejar oleh rival terdekatnya yaitu Reza Zulnizar. Makanya bisa dipastikan dia sudah mengunci gelar juara umum musim 2021," terang Midian.

Sementara itu, Abraham Franklin alias Abi menyambut gembira atas gelar juara umum yang telah diraihnya, sementara balapan masih menyisakan 1 putaran lagi pada 5 Desember mendatang.

"Menurut om Jimmy Lukita, balap itu tidak selalu soal siapa yang lebih cepat, tetapi perlu dipikirin juga faktor konsistensi. Bisa dilihat juara MotoGP 2020 Joan Mir serta pembalap F1 Jacky Stewart yang menggunakan strategi konsisten dalam mengumpulkan poin," ujar Abi menyampaikan analoginya.

"Walupun di atas kertas secara teknis untuk kelas STCR 1600 itu, mobil yang saya gunakan masih kalah dengan para rival, namun jam terbang dan mental yang selama ini sudah ditempa menjadikan modal saya juga dalam merah gelar juara umum ini Jadi sebenenarnya agak campur aduk perasaannya ketika dengar sudah ngunci gelar STCR 1600," tutur Abi sembari melempar senyumnya.

Satu sisi yang membuat Abi seneng juga bisa menyumbang gelar juara umum menggunakan toyota Vios yang sudah jarang sekali dipake di sirkuit Sentul yang notabenenya kelas ini sering dijuarai Honda Estilo di tahun- tahun sebelumnya. 

Abi mengatakan dengan kehadiran Toyota Team Indonesia di STCR 1600 membuatnya terlecut dan  lebih semangat lagi untuk meriset Toyota Vios agar lebih baik lagi ke depannya.

Tidak lupa, Abi juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih  kepada partnership tim SMART yaitu SFK Auto, Brembo Brakes Indonesia serta ADV Exhaust, Venetian Gryphon Bandung dan GE Racing Service.

"Saya juga merasa senang jika sebuah tim biasanya hanya dengan menggunakan 1 merek, tapi
tim SiantarMan Racing Team ini melakukan kolaborasi brand berbeda yaitu Toyota dan Honda," sambung Midian Gamaliel Siregar.

Menghadapi cuaca mendung dan hujan pada seri 5 kemarin, dari pembalap, management hingga mekanik dihadapkan dengan tersendiri.

Bahkan skuad tim SMART lainnya yakni Irvan Fauzi, Annis Badro’uf dan Yuda A tetap dengan semangat tinggi.

Dan mereka berempat berjanji akan all out pada putaran final ISSOM, 5 Desember mendatang. Apalagi melihat hasil klasemen di HJSC dan HBSC, ITCR 1500 dan ITCR 1200 masih ada kesempatan untuk menjadi uara umum dan runner up di tiap katagori kelas yang diikuti.

"Kami sudah mempunyai beberapa opsi strategi yang akan kami lakukan di seri pamungkas dan berharap teknis mobil serta mental pembalap dapat kami siapkan lebih baik lagi," pungkas Midian Gamaliel Siregar. (bs)

Hasil Lomba Putaran 5

1. Nadeak: Abraham F. Nadeak - Toyota Vios

P3 overall ITCR 1600 Max, P1 Rising star 1600 Max, P3 STCR 1600 (sudah mengunci gelar juara umum STCR 1600)

2. Irvan Fauzi - Honda Jazz

P1 ITCR 1500 promotion, P3 Overall ITCR 1500,
P3 HJSC Promotion

Annis B - Honda Jazz
P2 Rising Star HJSC

Yuda A. - Honda Brio
P4 HBSC Promotion

 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!