MotoGP 2021 : 5 Round Satu Tim Valentino Rossi, Andrea Dovizioso Merasa Aneh

Rabu, 17/11/2021 00:18 WIB

mobilinanews (Italia) - Sesama pembalap pujaan Italia, Andrea Dovizioso tak pernah jadi lawan berat Valentino Rossi. Saat Dovi berada dalam tim Repsol Honda (2009-2011), Rossi sudah berada di Yamaha. Saat Dovi besut Yamaha M1 di tim satelit, Rossi malah sudah di Ducati yang kemudian digantikan Dovi.

Lebih muda 7 tahun dari The Doctor, Dovi mengaku, ia sangat berambisi bersaing dengan rekan senegaranya itu di lintasan sebagai sesama Italiano. Sayangnya, motor milik Dovi tak pernah mampu bersaing di level atas.

"Eh, pada awal musim 2013 saya justru menggantikannya di Ducati karena ia balik ke Yamaha," ujar Dovi yang belakangan jadi andalan Ducati dengan tiga kali jadi runner up di bawah Marc Marquez namun terbilang jarang fight melawan Rossi.

Setelah memutuskan keluar dari Ducati di akhir musim 2020, takdir kemudian justru pertemukan Dovi dan Rossi dalam satu tim di Petronas Yamaha Srt.

Dovi keluar dari masa cutinya untuk gantikan Franco Morbidelli yang sebelumnya tandem Rossi di tim satelit Yamaha ini. Morbidelli sendiri naik ke tim pabrikan menggantikan Maverick Vinales yang undur diri dan hengkang ke Aprilia.

Kebersamaan Dovi - The Doctor hanya berlangsung sebanyak 5 seri balap sejak GP San Marino hingga seri pamungkas di GP Valencia.

"Jujur, saya merasa aneh jadi rekan setim seorang Valentino Rossi karena sebelumnya selalu berbeda tim. Namun, meski hanya dalam 5 putaran, saya bangga bisa menjadi rekan satu tim dalam masa-masa terakhir karirnya. Itu sangat menyenangkan," ucap Dovi dikutip dari speedcafe.com.

"Saya merasa beruntung punya catatan peran satu tim dengan Vale. Saya selalu coba mengalahkannya, tapi ia pembalap yang hebat."

Meski hanya sekejap jadi team mate Il Dottore, Dovi mengaku banyak belajar dari Rossi soal bagaimana mengemudikan Yamaha M1.

Sebab, Rossi sangat paham dengan karakter motor ini. Rossi membantunya pada tahap adaptasi ulang dengan M1 yang sudah jauh berubah dibandingkan besutannya pada 2012.

Manfaat oitu yang akan dipetik Dovi pada musim 2022 karena ia bertaan dalm tim ini yang berganti nama jadi RNF MotoGP Racing dengan tetap gunakan Yamaha M1. (rnp)

 

 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!