F1 2021 Qatar: Lolos Hukuman FIA, Verstappen Langsung Gaspol dan Tercepat FP1

Jum'at, 19/11/2021 20:38 WIB

mobilinanews (Qatar) - Max Verstappen dan seluruh keluarga Red Bull Honda kini merasa tenang bertanding di Qatar. FIA memutuskan pembalap Belanda itu tak bersalah dalam insiden dengan Lewis Hamilton pada lap ke-48 di GP Brasil lalu. Maka, Verstappen pun gaspol dan tercepat di FP1.

Kamis kemarin FIA telah lakukan sidang dengar pendapat dengan perwakilan Mercedes dan Red Bull Honda guna membahas bukti rekaman video baru yang dibawa pihak Mercedes.

Namun, pada pengumuman keputusan hari ini, FIA mengakui bahwa rekaman yang diajukan Mercedes untuk review atau peninjauan ulang memang tak tersedia pada saat raceday Minggu (14/11/2021) lalu.

"Meski demikian tak ada yang salah dalam bukti baru yang diajukan. Oleh karena itu menolak permintaan Mercedes," tulis FIA dalam keterangan resmi yang dibagiakan kepada media.

Tadinya ada potensi hukuman buat Verstappen jika FIA menganggapnya salah mendorong Hamilton ke luar lintasan di lap ke-48 itu. Selain potensi kehilangan 3 poin di Brasil, ia juga terancam grid penalty di GP Qatar pekan ini jika manuver Mercedes disahkan FIA.

Sejauh ini belum ada tanggapan resmi dari kedua kubu. Cuma, sebelum diputuskan sudah banyak komentar pembalap maupun pengamat yang menganggap upaya Mercedes sangat lemah karena yang dilakukan Verstappen adalah hal normal di balapan, terlebih di garis depan.

"Semua pembalap akan melakukan hal yang sama untuk mempertahankan posisi terdepan," tegas Juan Pablo Montoya, mantan pembalap kontroversial F1 asal Kolombia.

Entah terkait atau tidak, efeknya langsung positif bagi Verstappen. Ia sementara ini menjadi pembalap tercepat di Sirkuit Losail, trek MotoGP yang baru saja direnovasi di beberapa bagian untuk menghelat F1 kali pertama.

Verstappen membukukan best lap 1:23,723 yang terbilang telak dibandingkan rivalnya dalam perebutan gelar, Hamilton yang hanya tercepat ke-4 dengan gap 0,786 detik.

Rekan setim Hamilton di Mercedes, Valtteri Bottas, berada di posisi tercepat ke-3, di bawah Pierre Gasly (AlphaTauri Honda).

Penampilan Gasly menarik untuk dicermati karena ternyata rekan setimnya, Yuki Tsunoda, juga tampil meyakinkan di urutan 5. Sementara Sergio Perez dengan mesin Honda satunya berada di urutan 8.

Menarik karena ini kali pertama Losail menghelat F1 dan belum bisa menggunakan data teknis apa pun jelang FP1 ini.

Dengan tiga mesin Honda di 5 Besar sementara, apakah trek Losail dengan suhu udara kisaran 30"C itu lebih cocok dengan Honda dibandingkan Mercedes? Sesi FP2 dan seterusnya akan memberikan jawaban. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine