Orang Dekat Prabowo Ini Sarankan Mandalika Juga Gelar F1, Terbukti WSBK Mampu Geliatkan Ekonomi

Kamis, 25/11/2021 16:58 WIB

mobilinanews (Padang) - Indonesia baru saja sukses menggelar kejuaraan bergengsi World Superbike (WSBK) seri ke-13. Ajang balap motor yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) berdampak positif bagi ekonomi.

Hal ini diungkapkan Andre Rosiade, Anggota Komisi VI DPR-RI yang menyaksikan langsung di sirkuit Mandalika pada Sabtu dan Minggu (20-21/11/2021) lalu.

"Selain race yang sukses dan dibanjiri penonton dari dalam dan luar negeri, secara ekonomi WSBK sukses membangkitkan ekonomi NTB di tengah pandemi Covid-19," tutur Andre Rosiade politisi partai Gerindra ini.

Andre melihat peluang besar pada gelaran WSBK untuk menaikkan ekonomi daerah. "Saya berikan apresiasi untuk semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan WSBK 2021. Mulai dari persiapan sirkuit sampai semua hal yang memudahkan banyak orang berkunjung ke NTB," sebut putra asal Minangkabau ini.

Melihat suksesnya WSBK 2021, Andre menilai Mandalika juga sudah layak menjadi tuan rumah ajang yang lebih bergengsi tinggi yakni balap jet darat, Formula One (F1). "Saya percaya, Indonesia mampu menggelar F1," yakinnya.

Apalagi Sirkuit Mandalika sudah dipastikan menjadi tuan rumah MotoGP 2022 yang akan dipentas 20 Maret 2022.

"Semoga MotoGP 2022 juga sukses. Kami melihat, WSBK telah membantu percepatan pemulihan ekonomi di NTB. Lihat saja, hotel penuh, wisma full, bahkan sampai rumah-rumah penduduk juga dipakai tempat istirahat pengunjung. Belum lagi industri wisata lainnya," senang Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

"Jika ada kekurangan dalam pagelaran perdana, itu wajar. Kita masih bisa perbaiki dan persiapan maksimal menjelang pentas MotoGP 2022. Suksesnya MotoGP akan semakin mengangkat nama Indonesia di mata dunia," ujarnya.

Menurut Andre Rosiade, dampaknya memberikan multiplier effect atau dampak ekonomi yang langsung dirasakan warga Lombok dan NTB.

"Karena itulah, tidak ada salahnya kami mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar Mandalika juga bisa mengajukan diri untuk menggelar F1 tahun 2023 atau 2024 nanti," usul Andre.

Tujuannya, bagaimana uang semakin banyak beredar di Lombok, NTB dan Indonesia dengan event internasional yang mendatangkan wisatawan domestik dan mancanegara.

"Peluang F1 ini besar, sebab fasilitas sirkuit Mandalika kabarnya juga telah sesuai dan bisa untuk menggelar balap jet darat itu," pungkas Andre Rosiade.

Wah, benar juga nih! (bangVe)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!