Ini Trik Mengemudi Aman dan Nyaman Untuk Perjalanan Liburan Ke Luar Daerah

Sabtu, 25/12/2021 17:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Selain persiapan kendaraan yang lengkap, jangan lupa juga untuk menerapkan safety driving alias tata cara berkendara yang aman selama perjalanan.

Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh pengemudi selama perjalanan untuk meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas.

Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Pengemudi wajib untuk mematuhi berbagai rambu-rambu lalu lintas yang sudah disediakan seperti wajib berhenti saat lampu merah, jangan berhenti di daerah terlarang, dan memperhatikan area-area pejalan kaki. Mematuhi rambu-rambu lalu lintas membuat perjalanan Anda akan semakin tertib dan bisa meminimalisir resiko kecelakaan.

Batasi Kecepatan Saat di Jalan Tol

Batasi kecepatan maksimal di jalan raya, termasuk di jalan tol. Biasanya jalan tol memiliki batas kecepatan maksimal di 80-100 kilometer per jam. Semakin tinggi kecepatan kendaraan maka akan semakin tinggi juga percepatan mobil sehingga mobil akan semakin sulit untuk dikendalikan.

Jaga Jarak Antar Kendaraan

Menjaga jarak antar kendaraan perlu diperhatikan agar pengemudi bisa mengantisipasi beragam kejadian yang ada di depan, termasuk kecelakaan beruntun.

Pengemudi sebaiknya menjaga jarak antar kendaraan di jalan tol sekitar 5 detik.

Selain itu, apabila ingin berhenti di belakang kendaraan lain, pastikan memberikan jarak yang cukup agar kendaraan Anda bisa bermanuver saat dibutuhkan.

Istirahat Setiap 2-3 Jam Perjalanan

Jangan lupa istirahat yang cukup apabila melakukan perjalanan jarak jauh. Pengemudi sebaiknya beristirahat sekitar 15-30 menit setelah melakukan perjalanan sejauh 2-3 jam perjalanan. Kembali pulihkan tenaga agar tidak mengantuk untuk menghindari kecelakaan karena kelelahan saat mengemudi. (wan)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine