MotoGP 2022 : Tim Milik Valentino Rossi Akhirnya Dapat Sponsor Utama Perusahaan Perbankan Italia

Jum'at, 31/12/2021 00:38 WIB

mobilinanews (Italia) - Berbulan-bulan tanpa kejelasan dengan Aramco - perusahaan minyak raksasa Arab Saudi, akhirnya tim VR46 Racing milik Valentino Rossi mendapatkan sponsor utama untuk berlaga mulai musim kompetisi 2022.

Dilansir dari MotoGP.com, Mooney menjadi title sponsor tim baru milik The Doctor yang akan berlaga kali pertama di kancah MotoGP sebagai tim indpenden dengan besutan Ducati Desmosedici.

Perusahaan nasional Italia ini bergerak dalam jasa perbankan dan pembayaran. Perusahaan ini menjalankan dua bisnis yang berbeda namun saling melengkapi. SisalPay untuk jasa pembayaran dan Banca 5 (Intesa Sanpaolo Group) di sektor perbankan.

Sudah dipastikan nama tim akan menjadi Mooney VR46 Racing Team. Logo perusahaan ini akan muncul di motor dan racing suit pembalap serta seluruh materi komunikasi resmi. Seperti apa konkritnya kerjasama ini akan diumumkan pada 3 Januari 2022.

Sejak 2014, Rossi sudah membangun tim di Moto3 dan Moto2 untuk menyalurkan para pembalap binaannya di VR46 Racing Academy. Baru pada musim 2022 nanti ia punya tim sendiri di MotoGP setelah resmi pensiun sebagai pembalap MotoGP di akhir musim 2021. 

Mooney VR46 Racing Team akan digawangi dua pembalap muda binaan The Doctor, yakni Luca Marini yang tak lain adalah adik tiri Rossi dan alumnus Moto2 2021 Marco Bezzecchi. Marini sudah main di MotoGP 2021 lewat tim Avintia Ducati.

Dengan kehadiran Bezzecchi maka tahun depan sudah 4 orang rider jebolan VR46 Academy yang manggung di kelas primer MotoGP. Dua lainnya adalah Franco Morbidelli (tim pabrikan Yamaha) dan Francesco Bagnaia (Ducati).

Pada 2020, Morbidelli menjadi pembalap Yamaha paling banyak meraih kemenangan di MotoGP, sementara Bagnaia pada tahun 2021 menjadi saingan Fabio Quartararo merebut gelar juara dunia.

Il Dottore sebagai team owner akan sepenuhnya menyerahkan operasional tim kepda para sahabatnya yang selama ini mengurusi VR46 Racing Team.

Ia sendiri akan menyibukkan diri dengan aktivitas balap lainnya, berkompetisi di berbagai ajang lomba ketahanan mobil. (rnp)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine