Dari Italia Untuk Italia, Kebanggaan Valentino Rossi Pada Tim MotoGP Miliknya

Kamis, 06/01/2022 21:37 WIB

mobilinanews (Italia) - Saat mendirikan VR46 Racing Academy, tujuan Valentino Rossi hanya menjaring dan membina para pembalap berbakat Italia untuk ditempa ke ajang Grand Prix. Itu dipicu oleh keprihatinan The Doctor karena Spanyol punya pembalap terbanyak dan dominan di semua kelas.

Setelah beberapa tahun membentuk tim di Moto3 dan Moto2, tahun ini Rossi memiliki tim baru di MotoGP.

Empat pembalap binaannya yang merangkak dari Moto3 kini sudah berlabuh di MotoGP dengan status tak bisa disepelekan. Sementara para pembalap muda VR46 lainnya bertebaran di kejuaraan Eropa maupun di Moto3 dan Moto2.

Itu semua, kata Il Dottore, membuatnya tenang memulai masa pensiunnya di balap motor dan mulai berkompetisi di balap mobil tahun ini. Ia yakin perjalanan pembinaan pembalap muda Italia sudah berada pada trek yang benar.

Kini kebahagiaan Rossi semakin besar karena tim MotoGP-nya hadir dengan warna Italia yang sangat kental. Diperkuat dua pembalap muda Italia : Luca Marini dan Marco Bezecchi, mereka akan berjuang di atas Ducati yang made in Italy. 

Kabar terbaru, tim ini juga mendapatkan sponsor utama yang tak lain adalah perusahaan jasa keuangan yang tengah meroket di Italia, Mooney. Sehingga nama resmi tim ini menjadi Mooney VR46 Racing Team. Marini akan menunggang Ducati Desmosedici 2022 spek pabrikan, sementara Bezzecchi membesut Desmosedici 21.

"Saya senang mendapat dukungan dari Mooney, perusahaan Italia. Kami akan saling membahu mengembangkan talenta muda Italia, termasuk dengan dukungan riset dan teknologinya," komentar Rossi yang baru kali ini bicara seputar Mooney.

Rossi tak akan terlibat dalam operasional tim MotoGP-nya. Orang-orang terbaiknya yang ia tempatkan di sana.

Sang sahabat karib, Alessio Salucci sebagai orang nomor 2 di VR46 selama ini akan bertugas sebagai Direktur Tim Mooney VR46 Racing Team, sedangkan Pablo Nieto berperan sebagai manajer tim.

David Munuz, kepala mekanik terakhir Rossi di MotoGP, kini menjadi kepala mekanik Marini. Data engineer kepercayaannya, Matteo Flamigni, dipercaya jadi kepala mekanik Bezzecchi.

Rossi memastikan selain sponsor utama VR46 di kancah grand prix, Mooney juga akan terlibat dalam semua aspek pengembangan VR46 Rider Academy.

"Termasuk jadi sponsor kami pada musim pertama kompetisi balap mobil tahun ini," imbuh The Doctor yang setelah pensiun dari motor sudah memastikan ikut berkompetisi di sejumlah ajang balap mobil ketahanan sepanjang musim 2022.

Rencananya, Rossi bersama Salucci dan Marini akan ikut balap endurance Gulf 12 Hours di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada akhir pekan ini. Ia akan menggunakan Ferrari 488 GT3, mobil yang sebelumnya membuat ketiganya juara di event sama.

Sayangnya, pada sesi latihan resmi Kamis (6/1/2022), Rossi tak bisa tampil dan juga absen hingga Minggu mendatang. Pasalnya, The Doctor harus dikarantina karena sempat berhubungan dengan seseorang yang ternyata positif Covid-19

Tanpa Rossi, Salucci dan Marini yang adik tiri Rossi ini terus melanjutkan rencana balapan. Mereka sudah dapat pembalap pengganti Rossi, yakni David Fumanelli. (rnp)

TERKINI
OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama dari VMK Racetech RT Sabet Juara OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara Kelas OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya