Dianggap Mahal, Innova Tipe Q Justru Laris Manis

Senin, 07/12/2015 16:23 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kesan yang paling banyak bermunculan saat Toyota Indonesia meluncurkan All New Toyota Kijang Innova adalah "mahal banget". Melirik dari harganya, Kijang Innova generasi anyar dengan tipe tertinggi (Q Diesel) kini sudah menyentuh harga Rp 400 juta-an lebih.

Menanggapi hal ini, Rahmat Samulo, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) angkat bicara. "Innova mahal? Saya jawab tidak. Tipe Q sebagai tipe terbaru kalau mau dibandingkan dengan model lama bedanya sangat jauh. Dan ini kita hadirkan sesuai permintaan konsumen," jelasnya di acara jurnalis test drive All New Toyota Kijang Innova yang berlangsung di Bali, Sabtu (5/12)

Menurut Samulo, bila membandingkan harga Innova baru dengan yang lama, perbedaan harganya tidak terlampau jauh. "Tipe G mesin bensin Innova baru itu cuma naik Rp 5 juta dibanding tipe G bensin generasi sebelumnya. Kemudian untuk yang tipe V kenaikannya berkisar antara Rp 15 juta sampai Rp 20 juta-an," sebut Samulo.

Menyinggung soal tipe Q yang harganya mencapai Rp 423,8 juta, Samulo mengatakan bahwa ini merupakan tipe yang benar-benar baru serta dihadirkan karena dorongan konsumen loyal yang menginginkan Kijang Innova dengan karakter premium.

"Kalau dibilang mahal, buktinya Innova tipe Q ini dapat respon sangat positif. Penjualan Innova baru, dari 3 tipe yang ada, tipe Q berkontribusi sebanyak 25 persen dari total penjualan nasional," lanjutnya.

Dari data yang disampaikan, per 30 November 2015, penjualan All New Kijang Innova mencapai 5.780 unit. Dari jmlah tersebut, masing-masing tipe menyumbang kontribusi sebagai berikut, tipe G sebanyak 40,6 persen, tipe V 34,5 persen dan terakhir tipe Q sebesar 24,9 persen.

"Awalnya kita fikir hanya 15 persen, tapi kita juga lumayan kaget karena ternyata bisa sampai 25 persen. Ini karena tipe Q memang merupakan jawaban dari keinginan konsumen juga," pungkas Rahmat Samulo.

TERKINI
MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara Kelas OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024