Co-Driver Oke Driver Pun Iyess, Adi Indiarto : Sambil Menyelam Minum Air

Selasa, 08/02/2022 03:59 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Nama atlet motorsport Indonesia, Adi Indiarto memang lebih dikenal sebagai co-driver yang senantiasa menemani Ryan Nirwan pereli BRM Motorsport di dalam mobil reli.

Namun, putra pereli kawakan Arief Indiarto ini juga rupanya mahir berada di balik kemudi. Tidak hanya untuk balap tanah, namun di balapan aspal Adi juga patut diperhitungkan para lawannya.

Menanggapi kebolehannya di balik kemudi tersebut, Adi Indiarto, mengatakan tidak ada target untuk hal tersebut. Menurutnya, dia hanya memanfaatkan kesempatan yang ada di depan mata.

"Jadi intinya adalah di mana ada kesempatan, ya saya pasti ikut. Dulu pernah juga slalom, ada kesempatan saya ikutan meski pun hanya dua kali aja," buka Adi Indiarto kepada mobilinanews.

Karena kebisaannya bergonta ganti menjadi driver dan co-driver, justru memberikan hal positif. Pasalnya, ia kerap melakukan sharing dengan tandemnya mengenai cara menyetir serta beberapa hal lainnya.

"Mungkin karena saya bisa nyetir dan bisa jadi co-driver, ada kecenderungan bisa konsultasi sama Ryan Nirwan, sama Haji Rihan, dan TB Adhi. Jadi kita juga bisa ngasih input bahwa mobil ini bisa loh diginiin. Karena kan kita sama-sama ngerti cara nyetirnya," tambah Adi.

Ia juga mengibaratkan dua lakon yang dijalani seperti pepatah bilang, sambil menyelam minum air. Saat menjadi co-driver, ia bisa mendapatkan ilmu baru bagaimana caranya memperlakukan mobil di atas lintasan dengan baik.

"Kalo dari reli terus di offroad, jadi navigator terus nyetir, itu ilmunya driver yang saya temenin jadi kecontek juga, seperti TB Adhi dan Ryan, itu kepake. Begitu saya berada di balik kemudi, itu bukan jadi sesuatu yang susah karena saya udah lihat mereka bawa mobil dan memperlakukan mobil tersebut seperti apa," bebernya.

Di luar balap tanah, Adi Indiarto, juga tercatat ssbagai drifter andal yang patut diperhitungkan. Drifter yang disupport oleh GT Radial ini kerap kali menampilkan kepiawaiannya bermanuver di atas lintasan drifting.

Mengenai alasannya bisa hidup di dua dunia tersebut, Adi mengatakan terinspirasi dari ayahnya seorang pereli andal yang juga dikenal hebat dalam balapan aspal.

"Saya ikut balap itu karena saya suka, kalau dibilang ngikutin jejak ayah, ya pasti. Kan dia juga legend, semua balap juga bisa kan. Aspal bisa dan tanah bisa, jadi menurut saya, saya harus bisa kaya gitu juga," tandasnya. (sya)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine