Berpengalaman, Iwan One Dipercaya Jadi Bendum dan Kepala Sekretariat IMI Pusat di GBK Senayan

Kamis, 17/02/2022 20:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tokoh senior otomotif, Iwan Budi Buana yang semula sebagai salah satu Wakil Sekjen IMI Pusat kini berganti posisi sebagai Bendahara Umum (Bendum) dan Kepala Sekretariat Kantor IMI Pusat GBK Senayan, Jakarta.

"Iya, saya mau membantu koordinasinya (di IMI Pusat) biar lebih rapi. Kan kayak Pak Effendi (Gunawan) itu orang sibuk dan belum memiliki pengalaman di organisasi IMI. Kata Bambang (Bambang Soesatyo, Ketum IMI Pusat), Pak Effendi dipindah sebagai salah satu Waketum yang menangani bisnis dan promosi IMI Pusat," ungkap Iwan Budi Buana kepada mobilinanews yang mampir ke kantor IMI GBK Senayan, Kamis (17/2/2022).

Iwan One - sapaan karibnya - selain mantan pembalap dan pereli, juga pernah menjadi Wakil Bendum PP IMI di era Ketum Juliari Batubara, saat itu Bendum-nya Fauzy Aljufrie yang sangat sibuk dengan pekerjaannya.  

Bisa jadi memang pilihan yang tepat, karena Iwan One tentu sangat paham dengan kebutuhan di organisasi IMI. "Seperti (uang transport dan uang saku) Steward (pengawas lomba) itu tidak seharusnya tertunda, karena kan uang rekom (event balap) juga sudah masuk. Paling saya akan urus yang gitu-gitu biar lebih lancar," terangnya.

Iwan One juga akan mengelola dan mengontrol pengeluaran uang IMI untuk kegiatan seperti Rakornis, Rakernas, Munaslub, hingga IMI Award. "Prinsipnya, kalau bisa dihemat kenapa tidak. Biar tidak terkesan jor-joran tidak terkontrol. Namun tetap tidak mengurangi kualitas event tersebut," lanjutnya.

Apalagi income IMI Pusat sudah tidak seperti dulu lagi ketika SIM International masih dikelola IMI. Sekarang sudah ditarik ke Korlantas Polri dan sudah diundangkan. "Dulu waktu masih ada SIM International, Rp 4-5 miliar masuk setahun. Sekarang paling dari sponsor, rekom event dan KTA," beber Iwan One.

Sementara sebagai Kepala Sekretariat kantor IMI Pusat, memang awalnya dia memberi masukan kepada Ketum Bamsoet, kenapa tidak disatukan saja sekretariat IMI yang di STC (Senayan Trade Center) di kantor IMI Pusat GBK Senayan.

"Bagi teman-teman IMI Provinsi, suka bingung kalau akan ke kantor IMI Pusat : di STC apa GBK? Sementara selama ini, yang di GBK sering kosong. Kalau ada rapat pengurus inti atau preskon aja. Saya sudah sampaikan itu semua ke Bambang (Iwan One memanggil Ketum IMI Bamsoet) dan beliau setuju," papar Iwan One.

Seperti diketahui, antara Iwan One dan Bamsoet sudah lama berteman. Tepatnya, saat membangun dan mengelola majalah Info Bisnis di awal 1994. Juga saat keduanya sama-sama di HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). Makanya diantara mereka sudah saling akrab.

Diakui Iwan One, bahwa Bamsoet itu orangnya apik dan resik. "Seperti ruangan ini (ruangan rapat) dan ruangan sebelah (ruangan Ketum dan Sekjen), Ketum sendiri yang menata. Ini kan pride beliau. Dan memang dikenal apik. Maka saya minta karyawan memperhatikan itu, jangan ada yang merokok. Kalau merokok, di luar atau di tempat memang untuk merokok," urai Iwan One. 

Dan sejak 2 hari lalu, karyawan sekretariat yang ada di STC sudah gabung di kantor IMI GBK. "Untuk ruangan, segera dilakukan penataan. Maret paling telat April mudah-mudahan sudah beres," imbuhnya.

Meski setiap hari ngantor di sekretariat IMI Pusat GBK Senayan, namun untuk urusan teknis koordinasi, Iwan One yang juga seorang pengusaha (pemilik jaringan Dunkin Donut) membutuhkan semacam pelaksana harian.

"Ada dua nama yang masuk nominasi, karena sudah pengalaman dan memiliki passion di otomotif. Mudah-mudahan mereka bersedia, dan akan digaji layaknya karyawan profesional," tambah Iwan One.

"Kami juga akan mempersilakan, teman-teman komisi balap, baik motor maupun mobil, digital, mobilitas untuk menggunakan kantor sekretariat IMI Pusat jika ingin melakukan rapat dan sebagainya. Harap, melapor ke kita untuk diatur waktunya. Silakan," terangnya.

Sebagai tanda awal difungsikannya kantor IMI Pusat yang tersentral di GBK Senayan, pada Rabu kemarin hadir beberapa tokoh senior otomotif Bambang Soedirdja, Haryanto Hutauruk dan lain-lain menyambangi sekretariat IMI Pusat di GBK. "Ngobrol-ngobrol aja, silaturahmi," pungkas Iwan One. (bs) 

 

    

 

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik