Tes Pra Musim F1 2022: FIA Alokasikan Waktu Setengah Hari Menguji Ban 18 Inci di Trek Basah

Kamis, 24/02/2022 00:03 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Kemungkinan hujan di atas Sirkuit Catalunya, Spanyol pada Jumat (25-2-2022) sore hanya berkisar 60-70%. Karena itu FIA sudah siapkan armada truk air untuk membasahi lintasan agar velg dan ban baru F1 bisa diuji.

Seperti diketahui, dimensi velg dan ban mobil F1 berubah lebih tinggi mulai musim 2022 dengan ukuran 18 inch.

Sejak tahun lalu ban buatan Pirelli itu sudah diuji dari berbagai aspek sebelum mendapatkan homologasi FIA.

Baru pada tes resmi pra musim yang saat ini berlangsung di Sirkuit Catalunya semua pembalap punya kesempatan leluasa lakukan pengujian. Komplit dengan paket regulasi lainnya seperti mesin, sasis, aero kit dan area turunannya.

Begitu pula untuk ban basah (wet tyre) dimensi baru. Semua tim punya kesempatan sama mengujinya pada sesi akhir tes pra musim Barcelona pada Jumat lusa.

Jika hujan alami tak datang pada waktu yang diharapkan maka beberapa truk tangki air siap beraksi. Seluruh lintasan disiram agar pengujian wet tyre berlangsung efektif.

Ini kesempatan satu-satunya menguji ban basah sebelum kompetisi dimulai. Sesi tes pra musim berikutnya di Bahrain tak ada jadwal pengujian ban basah, kecuali kalau Sirkuit Sakhir diguyur hujan saat tes berlangsung. (rnp)

 

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik