MotoGP 2022: Suppo Masuk, Joan Mir Siap Perpanjang Kontrak di Suzuki

Selasa, 01/03/2022 21:58 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Kedatangan Livio Suppo sebagai manajer tim Suzuki langsung bawa perubahan positif. Setidaknya Suzuki tak lagi khawatir kehilangan Joan Mir di akhir musim 2022. 

Mir, juara dunia MotoGP 2020, memastikan kini prioritasnya adalah memperpanjang kontrak dengan Suzuki untuk musim 2023 dan seterusnya. Itu ia tegaskan dalam wawancara eksklusifnya dengan motorsport.com. 

Rider Spanyol itu mengaku puas dengan pengembangan Suzuki GSX-RR 2022 yang ia geber dalam rangkaian tes pra musim di Sirkuit Sepang dan Mandalika. Ia juga senang dengan kehadiran Livio Suppo sebagai manajer tim menggantikan Davide Brivio yang hengkang ke F1 hanya beberapa hari setelah Mir mendapuk gelar 2020, gelar yang 20 tahun dinantikan Suzuki.

Seperti diketahui, Mir selama ini diisukan akan hengkang dari Suzuki jika motor yang disediakan tak sesuai dengan harapannya, terutama untuk single lap. Itu penting bagi Mir karena sejak musim 2020 kelemahan utamanya berada di kualifikasi yang menentukan posisi start.

Satu hal lagi yang diminta Mir adalah pengganti Brivio dalam operasional tim.

"Seperti saya katakan sebelumnya, sebelum memperbaharui kontrak maka saya ingin lihat bagaimana performa motor baru dan kehadiran manajer tim. Saya lihat Suzuki sudah berusaha besar memenuhi harapan saya. Kini prioritas saya untuk Suzuki," tegas Mir.

"Perwakilan saya akan bertemu Livio dan Sahara (Siniichi Sahara, pemimpin proyek Suzuki MotoGP) untuk membahas detilnya."

Mir membantah rumor selama ini bahwa ia didekati Honda untuk musim 2023. Menurutnya itu informasi palsu karena sejauh ini pihaknya sama sekali tak bahas hal itu dengan siapa pun.

Meski menyebut prioritasnya kini di Suzuki, ia menyebut hal itu tak berarti segala sesuatunya sudah tertutup.  

"Saya tak perlu buru-buru. Saya tak khawatir masa depan, karena yakin punya tim bagus pada 2023."

Pernyataan terakhir Mir memang rada aneh. Ia bilang prioritas bagi Suzuki tapi di sisi lain juga sebut tak berarti tertutup kemungkinan lain. Apakah tujuannya untuk menaikkan posisi tawar atau lainnya,  tentu Mir sendiri yang mengerti. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine