"Jejak Patriot" Tema Ulang Tahun Ke-35 IMBI, Iwan Bule : Akan Kunjungi Tempat Tempat Bersejarah

Minggu, 20/03/2022 02:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tak terasa Ikatan Motor Besar Indonesia atau yang biasa disingkat dengan IMBI berusia 35 tahun.

Untuk merayakan anniversary tahun ini, IMBI mengusung tema "Jejak Patriot" yang bakal digelar di 4 pulau di Indonesia.

Melihat usianya, inilah klub motor tertua di Tanah Air. Anggotanya terdiri dari pemilik motor di atas 400cc. Lebih dari 2.000 orang, baik yang aktif maupun simpatisan tergabung di dalam IMBI yang menyebar seluruh Nusantara.

Saat ini, IMBI Pusat dipimpin Komjen Pol (Purn) Dr Drs H Mochamad Iriawan, SH, MH, MM yang menjadi Ketua Umum. Sapaan akrabnya Iwan Bule. Total ada 26 Pengurus Daerah (Pengda) yang telah terbentuk.

"Ada 6 Pengda yang baru terbentuk dan disahkan pada periode kepemimpinan saya, yakni Pengda Sumatra Barat, Riau, Sulawesi Utara, Sampit, Banten dan Lampung," terang Iwan Bule.

Prinsipnya klub motor gede (moge) ini selalu mengutamakan Safety Riding dan taat berlalu lintas.

IMBI tercatat pernah mengadakan kegiatan touring motor terbesar sepanjang sejarah Indonesia. Itu terjadi 14 tahun lalu bertajuk "Jalur Merah Putih 2008" yang diikuti ratusan moge dari seluruh Indonesia.

Nah, kini IMBI ingin mengulang kesuksesan saat merayakan 35 tahun.

"IMBI kembali akan mengadakan event besar dengan mengusung tema "Jejak Patriot" sepanjang tahun 2022. Dipilih tema tersebut karena tahun ini, selain sebagai ajang touring, IMBI juga akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah," beber Iwan Bule.

Apa saja tempat bersejarah itu? Disebutkan, lokasi yang bakal dikunjungi yakni makam pahlawan dan rumah peninggalan pahlawan yang berjasa dalam momen Sumpah Pemuda.

"Diharapkan kegiatan ini akan menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk menumbuhkan jiwa nasionalismenya," terang Ketum IMBI Pusat yang juga Ketum PSSI itu.

Yaps! Jejak Patriot adalah event touring yang terdiri dari 4 Etape. Kegiatan ini akan melibatkan ratusan motor besar dari berbagai Pengda IMBI di Indonesia.

Etape 1 rutenya Aceh-Jambi pada 20-26 Maret. Etape 2 Manado-Makassar yang digelar 3-5 Juni. Lalu Etape 3 Pontianak-Balikpapan pada bulan Agustus dan Etape 4 dari Bandung ke Yogyakarta, 28-30 Oktober 2022.

Selain touring, IMBI juga akan mengadakan International Bike Week di setiap kota yang menjadi titik finish Jejak Patriot.

Diawali dengan kota berjuluk Kota Beradat Tanah Melayu yang akan menggelar Jambi International Bike Week pada 25-27 Maret 2022.

Karena bertitel International, tentu saja akan dihadiri bikers dari Luar Negeri. Berikutnya, Makassar Bike Week (3-5 Juni), Balikpapan Bike Week bulan Agustus di mana tanggalnya belum ditetapkan dan terakhir Yogyakarta Bike Week pada 28-30 Oktober.

Tak salah mengusung moto "IMBI Jaya, IMBI Kompak, IMBI Paten." (BangVe)

 

 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!