F1 2022 Bahrain: Dua Pembalap Ferrari Finish 1-2, Red Bull Hadiahkan Podium Buat Hamilton

Senin, 21/03/2022 03:38 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Berangkat start sebagai pole sitter, Charles Leclerc dan Carlos Sainz memulai tanda kebangkitan Ferrari ke level atas Formula One. Sinyal itu menyala di seri pembuka 2022 GP Bahrain, Minggu (20 Maret 2022).

Leclerc sama sekali tak terlewati sepanjang 57 laps. Satu-satunya momen ia kehilangan P1 terjadi di lap 17. Saat itu Max Verstappen (Red Bull) yang menguntitnya sejak awal menyalipnya dengan agresif.

Tapi, sejurus kemudian Leclerc mengambil alih posisi dengan manuver tak kalah agresif. Dan beberapa saat keduanya bertarung wheel to wheel sampai kemudian Verstappen kembali tertinggal.

Itu saja drama yang terjadi di baris depan. Di tengah dan belakang banyak aksi saling susul yang menggiurkan, sebuah tanda regulasi 2022 memang bikin F1 lebih nyaman ditonton. 

Setelah lap 17 itu, barisan depan cenderung monoton. Tak ada aksi pepet. Di belakang Leclerc, Verstappen hanya mampu menguntit. Begitu Sainz, Sergio Perez (Red Bull) dan Lewis Hamilton (Mercedes) tetap di P3, 4 san 5 seperti saat start.

Drama terjadi di lap 46 saat mobil Pierre Gasly (AlphaTauri) terbakar di pinggir lintasan. Safety Car yang masuk lintasan membuat jarak antar pembalap kembali merapat, teemasuk Verstappen dan Hamilton yang semat menjauh dari Leclsrc dan Perez.

Selepas restart, dua drama lain memukul Red Bull Racing. Mesin mobil Verstappen melemah di lap 54 atau tiga lap jelang balapan usai. Ia tertatih menuju pitlane dan retire.

Di lap terakhir gantian Perez yang apes. Ia melintir di tengah lintasan dengan kondisi mesin mati. Akhirnya juga retire.

Dua insiden itu menjadi hadiah buat Hamilton yang sabar di P5. Ia akhirnya finish podium bersama Leclerc dan Sainz.

Dominasi Ferrari jelas berkat mesin yang lebih garang di musim 2022 dan kemampuan beradaptasi dengan regulasi 2022. Imbasnya juga positif bagi 2 tim yang menggunakan mesin pabrikan Italia itu, yakni Alfa Romeo dan Haas. 

Valtteri Bottas dan pembalap ruki Guanyju Zhou finish ke-6 dan 10, membuat driver China itu sukses meraih poin pada race perdananya di F1.

Begitu pun Haas yang tahun lalu rutin bermain di zona belakang dan tak pernah raih poin. Kini Kevin Magnusen (pembalap lama yang gantikan Nikita Mazepin), bermain gemilang dengan hasil finish P5. Sebuah lompatan luar biasa.

Sementara itu pembalap Haas lainnya, Mick Schumacher, tadinya sempat berada di zona poin namun akhirnya harus puas finish P11. Tapi, itu pun lompatan besar buat putra Michael Schumacher itu karena inilah hasil terbaiknya saat masuk F1 tahun lalu.

Ini kemenangan pertama Ferrari sejak awal 2020. Kemenangan yang sudah diprediksi sejumlah pengamat lantaran konsistensi performa SF-75 sejak tes pra musim. Awal yang bagus dan ditunggu-tunggu tifosi.

Forza Ferrari! (rnp)

KLASEMEN SEMENTARA F1 2022

1. Charles Lecrec 26

2. Carlos Sainz, 18

3. Lewis Hamilton, 15

4. George Russell, 12

5. Kevin Magunuson, 10

6. Valtteri Bottas, 8

7. Esteban Ocon, 6

8. Yuki Tsunoda, 4

9. Fernando Alonso, 2

10. Guanyu Zhow, 1

 

 

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!