F1 2022 Arab Saudi: Verstappen Juara, Diprediksi Persaingan Red Bull vs Ferrari Bakal Keras dan Panjang

Senin, 28/03/2022 03:01 WIB

mobilinanews (Arab Saudi)  - Baru dua race awal kompetisi 2022 dihelat di Bahrain dan Arab Saudi. Jelas, rivalitas di papan atas hanya milik Ferrari dan Red Bull. Entah sampai seri keberapa hal ini akan berlangsung.

Hasil race GP Arab Saudi, Minggu (27-3-2022) malam atau Senin (28-3-2022) dinihari WIB menggambarkan hal itu.

Empat besar finisher dihuni Max Verstappen dan Sergio Perez (Red Bull) pada P1 dan P4. Sedangkan P2 dan P3 dimiliki duet Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz. 

Pembalap kelima, George Russell (Mercedes), mereka tinggal dengan gap 32,7 detik. Itu pun sudah terpangkas masuknya Safety Car. Jika tidak tentu gap waktunya semakin besar.

Masuknya Safety Car itu yang bikin sial Perez, kehilangan posisi terdepan kala kembali ke trek usai ganti ban.

Lebih parah lagi, Lewis Hamilton yang finish P10 sampai tertinggal 73,9 detik. Menggambarkan hanya Ferrari dan Red Bull yang sukses mengadaptasi perubahan regulasi 2022. Mercedes benar-benar kehilangan dominasinya di awal musim tahun ini.

Dan, seperti kebanyakan prediksi awal, duel ulang kembali terjadi antara Leclerc dengan Verstappen. Seperti di Bahrain sebelum Verstappen out karena mati mesin, keduanya beberapa kali saling pepet dan saling susul.

Benar-benar menghibur karena rivalitas itu berjalan bersih. Di belakang mereka, Perez yang start dari pole position pun sibuk melawan Sainz.

"Saya sedikit kecewa dengan hasil akhir. Tapi, saya benar-benar puas dengan jalannya balapan. Kami bertarung ketat tapi berjalan bersih, beginilah seharusnya sebuah pertandingan," ucap Leclerc yang mendapat bonus 1 poin dari fastest lap.

Dengan tambahan 19 poin dari Jeddah, pembalap Monaco itu semakin kokoh di puncak klasemen pembalap dengan total poin 45.

Setelah DNF di Bahrain, Verstappen menyambut kemenangan di Arab Saudi dengan penuh sukacita meski di klasemen masih tertinggal 20 poin dari Leclerc. Ini menggambarkan kekuatan kedua tim secara umum seimbang.

"Mereka (Ferrari) sangat kuat di zona tikungan dan kami kuat di trek lurus. Duel hari ini sangat tak.mudah, tapi sangat menarik dan berjalan panjang. Saya senang memulai musim seperti ini," kata Verstappen sang juara dunia bertahan.

Ia dan Leclerc berkeyakinan duel mereka bakal panjang tahun ini dan sama-sama on fire untuk itu. Praktis tak bakal ada ancaman pembalap lain, kecuali 'gangguan' rekan satu tim masing-masing yang bakal ngotot juara karena punya potensi.

Mendapuk 25 poin, Verstappen langsung masuk 3 Besar klasemen sementara pembalap. Ia tertinggal 8 angka dari Sainz di posisi kedua dengan torehan 33 poin.

Posisi ke-4 hingga 10 Besar ditempati Russell (22 poin), Hamilton (16), Esteban Ocon (Alpine/14), Perez (12), Kevin Magnussen (Haas/12), Vsltteri Bottas (Alfa Romeo/8) dan Lando Norris (McLaren) di urutan 10 dengan koleksi 6 poin. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!