Dealer Bisa Dapat Refund Hingga Rp 6 Juta Dari Kredit Mobkas

Senin, 14/12/2015 07:41 WIB

mobilinanews (Bekasi) - Cicilan mobil bekas (mobkas) menjadi sesuatu yang dikejar para dealer mobkas. Bagaimana tidak, untuk transaksi menggunakan lembaga pembiayaan kendaraan bermotor, setiap kredit mobkas dealer bisa dapat refund hingga Rp 6 juta dari leasing.

"Kami selalu mengupayakan agar calon pembeli melakukan transaksi secara kredit. Untuk setiap harga yang disepakati, DP (down payment) langsung diberikan ke dealer. Setelah proses sekitar seminggu, leasing akan memberikan sisa harga jual plus refund (komisi) rentang Rp 4 juta sampai Rp 6 jutaan, tergantung lama tenor cicilan dan umur mobil,"ungkap Seto salah satu sales mobkas di Harapan Indah, Bekasi kepada mobilnanews (13/12).

Diungkapkannya, untuk mobkas yang usianya tidak lewat dari 3 tahun tenor cicilan bisa sampai 5 tahun, sedangkan yang berumur 5-7 tahun, paling banter masa cicilan hanyalah 3 tahun, tukas Seto.

Lain lagi dengan calo mobkas, yang biasanya mengambil keuntungan dengan mark-up DP dari harga yang telah disepakati antar penjual dan pembeli. Untuk calo yang berhasil nego DP "ceper" (istilah dp rendah dengan harga titipan), bisa mengantongi uang hingga Rp 2 jutaan.

"Terkadang calo memiliki penghasilan lebih besar dari sales mobkas. Untuk setiap transaksi mobkas yang laku, sales maksimal dapat Rp 200 ribu sedangkan calo bisa jutaan. Ada juga sih sales yang merangkap calo dan nakal meng-upgrade DP main mata sama leasing. Tapi kalo saya lebih baik cari aman saja, karena tidak sedikit yang kehilangan pekerjaan jika kedapatan main curang dengan dibantu leasing," pungkas Seto.

Dalam sebulanya showroom yang Seto jaga bisa menjual setidaknya 5 unit mobkas yang 4 diantaranya dibeli secara kredit. Paling tidak dalam sebulan bapak dari 2 putri kembar ini, bisa mengantongi bonus Rp 1 juta dan dealer tempatnya bekerja mendapatkan penghasilan ekstra dari leasing sebesar Rp 24 jutaan.

Lumayan kan..(teks dan foto Aditya Oka)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik