5 Event Kejurnas Balap 2022 Siap Digelar di Suwarnadwipa Nusantara Circuit Muara Bungo Jambi!

Selasa, 19/04/2022 16:18 WIB

mobilinanews (Muara Bungo) - Suwarnadwipa Nusantara Circuit, Muara Bungo, Jambi dipastikan akan menyelenggarakan 3 cabang olahraga (cabor) otomotif Kejurnas Roda Empat (mobil) pada 2022.

"Insyaallah, kami akan menyelenggarakan Kejurnas Sprint Rally, Speed Rally dan Adventure Offroad Individual Non Winch tahun 2022 ini," ujar Memen Harianto selaku CEO Suwarnadwipa Nusantara Circuit kepada mobilinanews.

Meski disebutkan 3 cabor olahraga mobil off-road tapi event Kejurnasnya 5 kali. Pasalnya, untuk Sprint Rally akan digelar 2 putaran, Rally juga 2 putaran serta Adventure Offroad Individual Non Winch 1 putaran.

Lintasan Rally di Muara Bungo dengan karakter hi-speed yang disenangi perally pada umumnya

"Jadwal tersebut sesuai dengan yang telah diajukan Nusantara Racing Team ke IMI Provinsi Jambi, serta telah disetujui IMI Pusat per tanggal 18 April 2022," terang Memen Harianto.

Memen Harianto optimis, seluruh event Kejurnas Balap di Muara Bungo dapat terlaksana dengan baik berkat support semua pihak, termasuk dari perally dan offroadernya.

"Diharapkan para perally akan tumplek blek di Muara Bungo sekaligus buat ngobatin kangen setelah sempat tertunda karena pandemi selama dua tahun terakhir," ungkap Memen Harianto yang merupakan seorang offroader senior.

H Jimmy Syamsudin, ingin memberi hiburan kepada masyarakat

"Kami akan upayakan dengan menyiapkan lintasan yang sangat menarik yakni dengan hi-speed dan berkarakter pastinya," lanjutnya.

Baik untuk Sprint Rally maupun Rally sebenarnya untuk lintasannya sudah siap sejak 2020 lalu.

"Rencananya untuk Sprint Rally akan dilangsungkan di sirkuit Suwarnadwipa Nusantara yang sudah pernah diadakan pada 2019 lalu dan sangat sukses dengan kehadiran para pembalap nasional dari berbagai daerah di Indonesia. Sedangkan untuk Speed Rally pada Juli nanti dilangsungkan di jalan pribadi (Hauling Road)," lanjut Memen Harianto.

Usai Lebaran nanti, Tim Teknis akan menyempurnakan beberapa titik lintasan, baik untuk Sprint Rally, Speed Rally maupun Adventure Offroad.

Lintasan Rally di Muara Bungo sudah dibangun sejak 2019

Yang menggembirakan lagi, akses penerbangan dari Jakarta ke Muara Bungo dan sebaliknya, lanjut Memen Harianto telah pulih dan operasional kembali setelah sempat terhenti karena pandemi.

IMI Pusat melalui Ananda Mikola sebagai Waketum Olahraga Mobil juga telah menandatangani surat persetujuan terkait 5 event Kejurnas Balap di Muara Bungo, Jambi 2022.

Surat per tanggal 18 April 2022 tersebut (kemarin) ditujukan kepada Ketua IMI Jambi H AM Guntur Muchtar SE (untuk diteruskan kepada Nusantara Racing Team sebagai penyelenggara event.

Surat Waketum Olahraga Mobil tersebut dengan tembusan kepada Ketum IMI Pusat, Sekjen, Bendum, Para Waketum, Deputy Waketum OR Mobil, Direktur Offroad, Ketua Komisi Speed Rally dan Sprint Rally, serta Ketua Komisi Offroad.

Sementara itu, Haji Jimmy Syamsudin selaku pemilik sirkuit Suwarnadwipa Nusantara Muara Bungo berharap event tahun ini bisa berlangsung dengan baik dan lancar.

Memen Harianto, bersyukur akses penerbangan Jakarta - Muara Bungo sudah kembali beroperasi

"Semoga tidak batal lagi karena pandemi dan bisa dilangsungkan dengan boleh menghadirkan penonton (tentu tetap dengan penerapan prokes) sehingga bisa menjadi hiburan untuk masyarakat," ujar H Jimmy Syamsudin.

Menurut pengusaha tambang batubara dan pemilik perumahan Bungo Green City, Muara Bungo, Jambi ini berharap dengan adanya event itu bisa mengangkat perekonomian daerah Muara Bungo dan sekitarnya.

"Dan selaku pemilik sirkuit tentunya kita akan mempersiapkan track dan fasilitasnya sebaik mungkin dan mudah-mudahan ke depan eventnya bisa berlanjut terus," pungkas H Jimmy Syamsudin.

Amin. (bs)

Jadwal Event Kejurnas Balap di Muara Bungo 2022:

1. 2 putaran Sprint Rally 
-  30 Juni 2022
-  20 Oktober 2022

2. 2 putaran Speed Rally 
- 2-3 Juli 2022
- 22-23 Oktober 2022

3. 1 Putaran Adventure Offroad Individual Non Winch
- 17-18 September 2022
 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine