Jelang Jakarta E-Prix 2022 : Sosok Pegokart Senior Ini Kreator Jakarta E-Prix Esport Championship

Rabu, 04/05/2022 23:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Jakarta E-Prix (Formula E Jakarta) 2022, 4 Juni mendatang, juga dilangsungkan beberapa pra-event. Salah satunya, Jakarta E-Prix Esport Championship.

Pelaksana Jakarta E-Prix Esport Championship ini adalah JMX Phantom yang dikomandani Presley Martono seorang pembalap gokart senior dan juara F4 SEA (South East Asian) tahun 2017, dan Jakpro.

"Untuk Jakarta E-Prix Esport Championship ini, sudah menjaring 170 peserta baik dari kalangan sim racer maupun newbie dan pendaftaran telah ditutup 30 April lalu. Mereka akan mengikuti sesi Pre-Kualifikasi dalam waktu dekat, untuk mendapatkan 22 peserta yang terbaik mengikuti 3 round pre-event Jakarta E-Prix 4 Juni mendatang," ujar Presley Martono kepada mobilinanews.

Presley Martono, apreciated Jakpro yang bersama JMX Phantom ikut memajukan e-sport di Tanah Air

Menurut Presley, hanya satu kelas yang dilombakan yakni Champ of Champs, dengan 3 mode sirkuit yakni sirkuit Medan Merdeka Barat (Monas), sirkuit Senayan (GBK) serta sirkuit Formula E Ancol, yang akan digelar 2 minggu.

"Total hadiahnya Rp 50 juta, untuk hadiah per round, dan overall. Dan 22 finalis nantinya seluruhnya akan mendapatkan hadiah uang. Soal detilnya juara 1 dapat berapa, juara dua berapa dst, masih kami finalized," terang Presley. 

Serunya lagi, hampir seluruh sim racer papan atas Indonesia, seperti Andika Rama Maulana, Daffa AB, Jaka Siswoyo, Arwin Taruna, Ferris Stanley hingga Fadhly Rahmat memastikan diri ikutan di event ini. 

"Selain itu, kami juga akan menggelar Jakarta E-Prix Esport Championship khusus wanita yang dikoordinir kak Alexandra Asmasoebrata selaku Ketua Women in Motorsport IMI dan Clio Clarissa Tjonnadi. Khusus kelas Wanita ini, balapannya dilangsungkan di Headquarter JMX Phantom, karena ada 7 layar simulator sesuai jumlah peserta," lanjutnya. 

Mobil apa yang akan dipakai balapan Jakarta E-Prix Esport Championship?

"Semua, termasuk mobil yang dipakai untuk Jakarta E-Prix Esport Championship sebisa mungkin mendekati dengan mobil Formula E itu sendiri. Untuk durasi balapnya, kalau Formula E versi balapan sebenarnya 45 menit + 1 putaran. Maka di Jakarta E-Sport nanti berdurasi 30 menit," beber Presley. 

Lalu siapa yang mendesain 3 sirkuit versi e-sport yang akan dipakai Jakarta E-Prix Esport Championship?

Ternyata yang membuat adalah Presley Martono dan tim IT/software JMX Phantom.

"Iya, kami kerjakan sekitar 1 bulan. Namun source terbanyak dari pihak Jakpro. Boleh dibilang, 1/2 pekerjaan membangun mode sirkuit Monas, GBK dan Ancol dari Jakpro. Terutama sirkuit Ancol, kami banyak difasilitasi oleh Jakpro untuk datang langsung ke sirkuit FE untuk mengukur panjang lintasan, melihat karakter tikungan hingga tingkat kemiringan," ungkap Presley. 

"Untuk itu, kami sangat apreciated, bersama Jakpro untuk ikut memajukan e-sport di Indonesia," pungkas Presley. (bs)

  

  

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik