Road to Jakarta E-Prix: Ananda Mikola Sampaikan Peluang Terbuka Berkarier Bagi Wanita di Motorsport

Senin, 09/05/2022 19:58 WIB

mpbilinanews (Jakarta) - JMX Phantom X IMI Women in Motorsport Virtual Race yang dilangsungkan di HeadQuarter JMX Phantom Cipete, Jakarta Selatan, Senin (9/5/2022) berlangsung seru. 

Para pembalap wanita senior yang tergabung dalam IMI Women in Motorsport yang dikomandani Alexandra Asmasoebrata mendapat kejutan dengan hadirnya beberapa remaja putri yang berminat dengan balap dan sekaligus dimentori dengan latihan balap dengan simulator.

Mereka datang dari berbagai kalangan, namun umumnya para pelajar dan mahasiswi dari area Jabodetabek.

"Mereka selama ini ingin tahu balap, tapi tidak tahu caranya. Makanya kami sekalian jelasin ke mereka," ujar Alexandra Asmasoebrata.

Namun yang menarik lagi, acara yang digelar untuk Road to Jakarta E-Prix 2022 ini juga mendapat perhatian khusus Ananda Mikola selaku Chief The Mission Formula E Jakarta, dan Andhika Anindya Hermanto (Bagoes Hermanto) selaku Deputy 2 (Kordinasi Penyelenggaraan dan Kordinasi dengan pihak FEO & FIA).

"Senang melihat antusias kalangan muda dan remaja putri yang atensi serta interest dengan dunia motorsport. Kami sampaikan kepada mereka, termasuk teman-teman di IMI Women in Motorsport, bahwa perempuan itu tidak hanya jadi pembalap seperti selama ini," ungkap Ananda Mikola kepada mobilinanews.

Namun, lanjut Ananda Mikola yang juga Waketum Olahraga Mobil IMI Pusat, bahwa perempuan yang terjun di ajang motorsport itu memiliki opportunity bisa menjadi penyelenggara balap, marketing motorsport, business and development, manajemen tim dan lain sebagainya.

"Jadi sangat luas dan masih terbuka lebar peluang untuk para wanita berkarier di dunia motorsport, tidak hanya jadi pembalap. Seperti Rally Marina, Andra dan Alinka selama ini menjadi komentator balap," lanjut Ananda Mikola.

Pembalap senior dan juga Komisaris PT Sarana Sirkuitindo Utama (SSU) pengelola Sentul International Circuit ini memberi contoh, di FEO (Formula E Operations) selaku penyelenggara Jakarta E-Prix yang akan dihelat 4 Juni mendatang di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, para manajer bidang banyak dipegang wanita yang rata-rata mantan pembalap.

"Motorsport ini akan berkembang pesat ke depan, dan kita sebagai penggiat balap sudah harus mengantisipasi, dengan menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia), termasuk dari kalangan wanita," pungkas suami artis Marsela Zalianty ini. (bs)    

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!