MotoGP 2022 Prancis : Kembali Naik Podium, Aleix Espargaro (Aprilia) ke Zona Perebutan Gelar Juara Dunia

Selasa, 17/05/2022 05:08 WIB

mobilinanews (Prancis) - Performa membanggakan kembali ditampilkan  rider Aleix Espargaro dan motor Aprilia RS-GP di sirkuit Le Mans, tempat berlangsungnya MotoGP Prancis 2022, Minggu (15/5/2022) kemarin.

Iya, Aleix menyelesaikan FrenchGP dengan peraihan posisi ketiga setelah sukses menangkis serangan dari Quartararo.

Dengan poin dari hasil peraihan podium ketiganya secara berurutan, Aleix berada di posisi kedua klasemen pembalap, hanya tertinggal 4 poin dari juara dunia yang juga memimpin klasemen sementara Quartararo.

Dengan performance yang sangat cepat, Aleix memiliki potensi merebut posisi kedua. Namun Aleix akhirnya harus bertarung untuk meraih podium dan ia meraihnya dengan tiga lap penuh adrenalin  harus menangkis segala percobaan dalam perebutan posisi.

Setelah sepertiga musim dan dengan memenangkan tiga kali finish podium, Aleix dan Aprilia telah menegaskan posisi pentingnya di MotoGP 2022.

Maverick Vinales, teammate Aleix di tim Aprilia Racing harus membayar mahal untuk awal yang kurang baik dengan turun ke posisi 24 di akhir lap pertama.

Dari sana, ia membalikkan posisi dan membawa dirinya ke posisi sepuluh teratas. Meraih posisi ke-10 tentu bukan tujuan dari Maverick. Namun hal ini, sekali lagi, menjadi testimoni efektifitasnya di ajang balap.

Hasil kualifikasi dan awal balap adalah aspek yang perlu ditingkatkan agar Maverick juga berada di posisi atas pada garis finish.

Berkat poin yang diraih oleh Aleix dan Maverick, Aprilia Racing berada di posisi pertama pada klasemen kejuaraan tim – merupakan perkembangan luar biasa dari tim Italia ini sejak balap pertama di musim 2022.

“Apa yang kami lakukan sungguh luar biasa. Bahkan di sini, di trek sulit dan dengan perasaan yang kurang sempurna, saya berhasil finish podium, bahkan mendekatkan peraihan poin dengan Fabio (Quartararo)," ungkap Aleix.

Menurut dia, Aprilia RS GP dalam performance terbaik sehingga berhasil mempertahankan posisi di kelompok depan dan itu menjadi penting.

"Saya terus berusaha mengejar pembalap lain dan nyaris tanpa membuat kesalahan. Saya bisa melakukan itu bahkan ketika Quartararo mengejar saya, mengubah sedikit gaya berkendara saya sehingga sulit bagi dia untuk mengambil alih posisi. Ini adalah hasil yang sungguh baik. Kami berada di tengah perebutan Kejuaraan Dunia dan merupakan hal istimewa bagi saya berada di tingkat pertarungan sangat tinggi," terang Aleix.

Sementara itu, Maverick Vinales mengatakan bahwa MotoGP Prancis kali ini merupakan balapan yang menarik, di mana dia mengumpulkan banyak informasi untuk mengantisipasi balapan berikutnya di Mugello dan balap berikutnya.

"Kami mendapati kami sudah tidak jauh namun di saat bersamaan, kami perlu melakukan perubahan agar secara ergonomic saya merasa nyaman di atas sadel motor Aprilia. Saya pikir ke depan akan semakin baik," ungkap Vinales. (bs)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!