MotoGP 2022: Duduki Kursi Panas di Ducati, Jack Miller Pertimbangkan Opsi Pindah, Ini 2 Tim Yang Dibidik!

Selasa, 17/05/2022 01:08 WIB

mobilinanews (Italia) - Nama Jack Miller benar-benar panas dalam bursa pembalap MotoGP musim 2023. Jika ia terdepak dari skuad Ducati, ternyata sudah ada dua tim yang menantinya. Yang pertama adalah LCR Honda meski itu ia bantah. Kedua tim pabrikan asal Austria.

Miller sendiri sudah paham sejak tahun lalu kalau kursinya di tim pabrikan Ducati rawan digusur oleh Jorge Martin (Pramac Ducati), pembalap rookie terbaik MotoGP 2021.

Belakangan, ancaman bukan hanya dari Martin, tapi justru lebih nyata dari Enea Bastianini yang sudah raih 3 kemenangan di musim 2022 meski membesut Ducati Desmosedici GP21. Motor yang setahun lebih lawas dari besutan Miller dan Martin.

Meski Miller sudah bilang rela turun dari tim pabrikan ke tim satelit Pramac Ducati, rupanya tim lain tetap punya minat untuk meminangnya. Dua bulan lalu tim satelit Honda, LCR Honda, dikabarkan ingin meminang Miller untuk gantikan Takaaki Nakagami.

Ia dikabarkan sudah bicara dengan team owner LCR Honda Luccio Cecchinello. Tapi, rider Australia itu membantah kembali ke LCR - tim yang menampungnya saat dipromosikan Honda langsung dari Moto3 ke MotoGP pada 2015.

Sekarang rumor lain dilambungkan media SkySport Italia dengan berita KTM siap menampung Miller jika ia didepak Ducati untuk musim 2023.

Hanya saja belum dipastikan pakah Miller erada di tim pabrikan Austria atau ditampung dalam tim satelit Tech3 KTM dengan besutan RC16 yang speknya sama dengan pabrikan.

Beginilah rancangan skenario yang dimuat SkySport Italia. Jika Miguel Oliveira menandatangani kontrak baru di tim pabrikan KTM maka Miller akan ditempatkan di Tech3, berpasangan dengan pembalap Australia lainnya, juara dunia Moto2 2021 Remy Gardner.

Tapi, jika Oliveira hengkang maka Miller akan bersama Brad Binder (dikontrak KTM hingga 2024) nsementara skuad Tech3 tetap dengan duet Gardner dan Raul Fernandez.

Oliveira jadi kunci akan berada di mana Miller pada 2023. Pasalnya, Oliveira juga sudah dapat tawaran bermain di tim pabrikan Yamaha untuk jika Fabio Quartararo benar-benar tak ingin perpanjang kontrak di Yamaha.

Jika Quartararo bertahan, Oliveira pun punya kans menggantikan Franco Morbidelli yang masih terkendala oleh cidera lutut berkepanjangan sejak tahun lalu.

Menurut SkySport Italia, potensi Miller ke skuad KTM terbuka oleh Francesco Guidotti yang mulai tahun 2022 menjadi tim manajer KTM. Guidotti sangat dekat dengan Miller saat keduanya berada dalam tim Pramac Ducati di mana Guidotti juga bertindak selaku manajer tim.

Ironisnya, Ducati sendiri saat ini seolah dilematis soal masa depan Miller setelah yang bersangkutan finish ke-2 di GP Prancis lalu. Itu membuat Miller naik ke peringkat 5 klasemen sementara sedangkan Francesco Bagnaia seaku pembalap utama Ducati justru terpuruk di urutan 7.

Di sisi lain Bastianini sudah raih 3 kemenangan musim ini dan bersaing di kejuaraan dunia dengan gap hanya 8 poin dari Fabio Quartararo.

Ducati sendiri melalui Direktur Sport Paolo Ciabatti menyebut deadlineuntukmenentukan line up Ducati 2023 ditentukan pada bulan Juni mendatang. Di situ akan ditentukan nasib Miller.

Apakah tetap di posisinya seperti permintaan Bagnaia, turun ke Pramac atau pindah garasi ke tim LCR Honda atau KTM. Waktu yang akan menjawa dan itu hanya tinggal sebulan lagi. (rnp)

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik