Cara Unik Offroader Beri Penghormatan Kepada Mendiang H Syamsir Alam Sang Legenda Offroad!

Selasa, 17/05/2022 11:18 WIB

mobilinanews (Depok) - Pada Kamis, 12 Mei 2022 lalu legenda offroad tanah air dan juga salah satu pendiri Indonesia Offroad Federation (IOF), H Syamsir Alam (71 tahun) berpulang.

Wafatnya om Syamsir Alam merupakan sebuah kehilangan besar bagi insan offroad di Indonesia.

"Almarhun tidak pernah pelit berbagi ilmu bahkan untuk yang masih awam sekali pun. Kehilangan beliau merupakan kehilangan kita semua," sebut Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo saat menghadiri Doa Bersama & prosesi penghormatan untuk om Syamsir Alam.

Acara dikemas sekaligus dengan Halal Bihalal Offroader diinisiasi gerakan Smart Offroading, Minggu, 15 Mei di trek offroad JODEP, Depok, Jawa Barat.

Setelah pembacaan doa para offroader yang hadir dalam acara tersebut, kemudian melakukan prosesi penghormatan unik. Dipimpin langsung Moko Karsono (Founder IOF), Ismail Johan (Founder IOF), Sigit Permadi mantan Pengurus Pusat IOF periode 2014-2018, Robinson ; Robinson Journey, & Reza Hariputra (Echa) ; Pendiri Gerakan Smart Offroading, seluruh kendaraan 4x4 yang hadir dibuat membentuk lingkaran dengan moncong menghadap ke dalam.

Di tengah tengah lingkaran para Founder IOF memberikan kesan-kesan dan ditutup teriakan lantang yang disambut dengan membunyikan klakson panjang secara serentak para offroader.

"Doa bersama ini kita panjatkan sebagai doa terbaik untuk Almarhum Om Syamsir Alam. Sedangkan prosesi penghormatan dengan klakson kita lakukan sebagai penghormatan atas kehidupan yang telah beliau dedikasikan kepada dunia offroad. Kami terinspirasi dari prosesi pemakaman militer di mana ada tembakan salvo ke udara, sedangkan di sini kita ubah dengan membunyikan klakson panjang," jelas Reza Hariputra dari Smart Offroading.

Dari kiri Ismail Johan, Reza Hariputra dan Moko Karsono

Sebuah penghormatan yang sangat pantas untuk orang yang telah banyak berjasa bagi dunia offroad.

"Almarhum sangat aktif, energik, dan berdedikasi tinggi pada dunia offroad tanah air bahkan hingga akhir hayatnya," ungkap Moko Karsono.

"Dan ini menjadi tantangan bagi kita yang muda muda untuk dapat membuat kegiatan yang lebih baik lagi sebagai penerus," sambung Sigit Permadi.

Hendra Noor Saleh Presdir PT Dyandra Promosindo (kedua dari kiri) juga sempatkan diri hadir

Hal yang lain juga disampaikan Robinson yang dikenal sebagai petualang dalam tayangan Robinson Journey.

"Satu hal yang saya akan terus ingat dari Almarhum, bukan seberapa hebat kendaraan kita, tetapi bagaimana kita menjaga persaudaraan sesama offroader lah yang terpenting," tegas Robinson. 

Selamat jalan legenda..
Selamat jalan guru..
Selamat jalan om Syamsir Alam..
Alfatihah. (echa, budsan)

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine