MotoGP 2022: Fabio Quartararo Batal Meninggalkan Yamaha, Begini Alasannya

Jum'at, 03/06/2022 01:58 WIB

mobilinanews (Italia) - Tak ada lagi rumor kepergian Fabio Quartararo dari tim pabrikan Yamaha. Ia telah tanda tangan perpanjangan kontrak untuk musim balap 2023 dan 2024. Itu diumumkan langsung El Diablo bersama Managing Director Yamaha Lin Jarvis.

Nama El Diablo, panggilannya, sempat jadi buah bibir yang pikin panas bursa pembalap ke musim 2023. Sejak akhir tahun lalu seusai menjadi juara dunia 2021 ia mengancam kabur dari Yamaha jika motor M1 2022 tak sesuai keinginannya. Hanya satu permintaannya, yakni peningkatan horse power M1 agar tak terlalu tertinggal di trek lurus melawan rival.

Sepanjang musim ini sebenarnya Quartararo belum happy dengan tenaga mesin M1. Namun, faktanya ia bersaing regular ke zona podium dan saat ini menguasai tampuk klasemen sementara. Terbaru, ia finish P2 pada GP Italia di Sirkuit Mugello yang trek lurusnya 1,1 km. Saat itu El Diablo mengaku puas pada prosesi start karena ia bisa bersaing `drag race` ke tikungan pertama meski secara khusus tetap kalah  soal top speed dibandingkan pabrikan lainnya.

Sepertinya hal-hal itu yang membuat Quartararo mengubah sikap. Atau mungkin juga karena batas waktu yang sebelumnya ditetapkan Jarvis pada Juni ini.

"Sebelumnya bukan hal sulit bagi saya promosi ke MotoGP dengan Yamaha dan selanjutnya naik ke tim pabrikan. Sejak awal Yamaha percaya kepada saya dan itu sangat saya hargai. Tapi, untukkesepakatan baru ini bisa dikatakan suatuhal yang sangat besar. Saya berada di titik yang bagus dalam karir saya. Perlu sedikit waktu yanglebih untuk meyakini masa depan saya," ucap El Diablo lewat rilis resmi tim Yamaha.

Satu hal penting, katanya, bahwa ia percaya dan yakin dengan proyek Yamaha MotoGP di masa depan. Ia dan Yamaha pun punya target bersama untuk terus melakukan pengembangan motor agar lebih sering bersaing dalam kejuaraan dunia.

"Sekarang sudah ada kesepakatan hingga akhir musim 2024. Jadi, sekarang kami bisa fokus untuk musim ini," ujar Quartararo.

Jarvis pun mengaku senang dengan kontrak baru ini, terlebih karena Yamaha bisa meyakinkan Quartararo untuk meraih sukses bersama dimasa depan. Ia pun berjanji akan terus berinvestasi untuk pengembangan motor.

Franco Morbidelli tetap jadi tandem Quartararo di Yamaha. Ia sebelumnya sudah terikat kontrak hingga 2023. (rnp)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine