Test Drive : Konsumsi Bahan Bakar All New Ertiga Hybrid Versi Manual Tembus 34,2 Km/Liter!

Kamis, 23/06/2022 19:08 WIB

mobilinanews (Surabaya) -  Basicly, Suzuki All New Ertiga memang dikenal irit bahan bakar. Namun All New Ertiga Hybrid merupakan versi electric pertama Low MPV (Multi Purpose Vehicle) yang baru diperkenalkan PT Suzuki Indombil Sales (SIS) di Jakarta, 10 Juni lalu lebih irit lagi.

7 unit All New Ertige Hybrid telah ready di dealer UMC Surabaya

Pada pengujian yang dilakukan awak media dari kota Batu, Malang ke Surabaya menggunakan All New Ertiga Hybrid versi automatic dengan jarak 133,9 km dengan hasil 28,07 km/liter. Sedangkan untuk jarak 140,4 km dengan rute sama namun menggunakan All New Ertiga Hybrid versi manual hasilnya 34,2 km/liter

Torehan ini terjadi pada rangkaian Suzuki Media Test Drive All New Ertiga Hybrid pada Kamis (23/6/2022) hari ini. Acara yang diikuti 40 media dari Jakarta (terbagi dalam 2 batch) tersebut berlangsung 5 hari, 20-24 Juni 2022.  

Donny Saputra

Terkait pengukuran konsumsi bahan bakar pada All New Ertiga Hybrid ini dikemas pada sesi Fuel to Fuel (lomba irit) menggunakan 7 unit All New Ertiga Hybrid, dengan menutup panel on off air conditioning (AC) di dasboard dan tangki bahan bakar juga disegel untuk menjaga obyektivitas, fair play serta diawasi tim juri. Oya, AC dalam mobil wajib on di angka 20.

Menu utama yang membuatnya lebih efisien dari versi standar adalah hadirnya SHVS, atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. Teknologi mild hybrid tersebut mengandalkan baterai Lithium-ion berdaya 6 ampere, atau 12 volt.

Menjelajah kota Surabaya

Baterai itu dikawinkan dengan ISG (Integrated Starter Generator) sebagai pengganti alternator konvensional. Fungsinya, mampu memberikan tenaga saat mobil mulai berjalan dari kondisi diam, tanpa perlu bahan bakar minyak (BBM).

Jika mesin konvensional memerlukan banyak bahan bakar saat mulai berjalan, berbeda dengan Ertiga Hybrid, di mana mesin sangat terbantu menggerakkan roda dari kondisi mobil diam berkat generator khusus tersebut.

Di Tugu Pahlawan Surabaya

Yang menarik, baterai Lithium-ion hanya bertugas mentransfer daya ke ISG, sehingga energinya tidak akan terkuras saat semua sistem kelistrikan mobil hidup seperti lampu, audio dan lain-lain. 

Suzuki memisahkan jalur kelistrikan dengan mengandalkan aki, atau lead baterai berdaya 55 ampere. Kemudian, menu utama lainnya yang membuat Ertiga Hybrid diklaim lebih irit bahan bakar adalah fitur Engine Auto Stop.

34aabd57add9fe990d_1.jpg" alt="" width="100%" />Satu mobil dengan teman alumni Jl Panjang 8A

Teknologi ini secara otomatis mematikan mesin mobil saat berhenti di lampu merah, atau posisi macet. Sehingga mesin bensin dengan kode K15B itu tidak melulu hidup, ketika tidak dijalankan.

Pengemudi juga akan dibantu dari informasi yang ditampilkan di panel klaster melalui MID (Multi Information Display), karena bisa melihat konsumsi bahan bakar rata-rata selama pemakaian, dan temperatur luar.

34e328bb21f0f8ce02aa0fc6_1.jpg" alt="" width="100%" />Pengisian bahan bakar lomba fuel to fuel

Direktur Marketing 4W PT SIS, Donny Saputra sempat menjelaskan, hadirnya teknologi smart hybrid itu akan berdampak pada konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan model standar. Terutama saat kondisi stop and go.

“Besaran efisiensinya sudah bisa kita lihat bersama-sama dari hasil pengetesan langsug teman-teman media. Kalau 2018 lalu, rata-rata konsumsi BBM Ertiga mesin konvensional 15 km per liter,” ujar Donny Saputra.

Penutup tangki pun disegel

All New Ertiga Hybrid dibekali mesin bensin empat silinder 1.462cc dengan standar emisi Euro 4. Tenaga maksimalnya 104,7 PS di 6.000 rpm, dan torsi 138 Nm di 4.400 rpm yang disalurkan ke roda depan.

Bersama bro Harold Donel yang menemani di seluruh perjalanan

Karateristik Surabaya dan Malang Saling Melengkapi

Jawa Timur dengan beragam kondisi jalannya dipilih sebagai ajang test drive dinilai cocok untuk mencoba performa All New Ertiga Hybrid dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid dan beragam fitur lainnya yang dapat menambah kenyamanan dan keamanan berkendara, serta penggunaan bahan bakar efisien. 

Teman-teman media tak mau kehilangan momentum

“Jawa Timur, khususnya Surabaya, penting bagi kami karena market passenger car di wilayah ini sangat kuat dan jaringan dealer yang juga kuat di bawah bendera UMC,” ungkap Donny Saputra, dalam sambutannya di dealer UMC Surabaya, Senin (20/6/2022).  

Setidaknya ada tiga fitur baru pada Suzuki All New Ertiga Hybrid yang diuji di sepanjang jalur kota Surabaya menuju kota Malang.   Surabaya dan Malang dinilai representatif karena 2 kota utama di Jawa Timur tersebut memiliki karakteristik yang saling melengkapi.  

All New Ertiga Hybrid, untuk hidup yang lebih baik 

Kepadatan lalu lintas Surabaya dan kontur naik turun kota Batu dan Malang. “Kegiatan media test drive ini salah satu cara kami untuk memberikan kesempatan bagi Media merasakan secara langsung All new Ertiga Hybrid,” jelas Donny Saputra.

Para jurnalis dari Jakarta - termasuk mobilinanews.com - menyusuri sudut-sudut ikonik kota Surabaya, Malang, dan Batu sekaligus mencoba langsung teknologi, fitur, serta efisiensi konsumsi bahan bakar All New Ertiga Hybrid.   

346dbf72b22ea97259b698d8d678e497_1.jpg" alt="" width="100%" />All New Ertiga Hybrid, pionir elektrifikasi segmen Low MPV

Selain itu, juga dapat mengeksplorasi 3 fitur baru pada All New Ertiga Hybrid yakni Engine Auto Start-Stop, Cruise Control, dan Electronic stability Programmed (ESP) yang membuat berkendara aman dan nyaman.    

All New Ertiga Hybrid semakin digemari keluarga Indonesia. (bs)

 

 

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik