Pak De Bei Budiono, Mobil Bersejarah Mazda B600 dan Warisan Otomotif Indonesia

Senin, 04/07/2022 13:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Mobil antik selalu menjadi hal menarik untuk diulas. Selain modelnya yang unik, sejarah yang ada dibelakangnya menjadi catatan tersendiri untuk kekayaan literasi otomotif Indonesia.

Itu sebabnya kisah orang-orang seperti Pak De Bei Budiono yang terkenal sebagai pelestari dan pecinta mobil antik selalu menjadi hal menarik. Beliau adalah salah satu pelestari mobil antik yang tak pernah bosan mencari, menemukan dan membangun kembali mobil antik sesuai dengan bentuk orisinilnya.

Minggu, 3/7/2022 di pelataran Taman Mini Indonesia Indah (TMMI), tepatnya acara Pasar Jongkok Otomotif (Parjo) 2022, Pak De Bei punya garapan baru dikerjakannya. Mobil baru garapannya adalah Mazda B600 yang pernah menjadi mobil para petinggi Negeri.

Di Parjo, Pak De Bei membawa Mazda B600 Sedan, Sedan Deluxe dan Light Truck Pick Up yang sudah selesai dibangun menjadi mobil mungil manis yang menarik untuk pengunjung, utamanya para pecinta mobil antik.

"Saat ini saya sedang melestarikan, menikmati dan mencintai Mazda B600. Di Indonesia, mobil ini ada. Tapi tidak banyak. Jarang ditemukan. Saya punya beberapa unit mulai dari Mazda B600 tahun 1963 sampai tahun 1966, dalam type orisinil pick up, sedan, sedan Deluxe. Kalau pick upnya dalam brosurnya light truck," kata Pak De Bei Budiono kepada mobilinanews.

 bafaMobil Sedan Mazda B600 yang pernah menjadi mobil pejabat tinggi Sekertariat Negara di Era Kabinet Gotong Royong Bung Karno

Bagi Pak De, melestarikan warisan otomotif yang ada di Indonesia adalah kebanggan dan kepuasan batin yang tidak terukur. Itu sebabnya bila mendapat bahan di mana pun, ia akan membangunnya sesuai dengan bawaan pabrikan mobil tersebut. Di sana lah letak keseruan dan tantangannya.

"Saya dapat bahannya di Bandung. Sama sekali tidak sempurna dan saya sempurnakan semuanya. Mulai dari engine, bodi, eksterior, interior, hingga wildop saya sempurnakan sesuai dalam bukunya. Jadi orisinil," ungkapnya.

Yang menonjol dari deretan Mazda B600 yang ia miliki adalah satu unit Mazda B600 pick up tahun 1964. Menurutnya mobil ini langka, sehingga ia sangat puas menyelesaikannya dengan sempurna. "Di Indonesia tidak banyak kalau pick up Mazda. Tidak sebanyak sedan," tuturnya.

Mobil-mobil Mazda B600 dibangun selama kurang lebih tiga tahun karena terkendala pandemi. ia banyak berburu spareparts hingga aksesori orisinil dan akhirnya semuanya kesampaian dan menjadi mobil yang luar biasa, layaknya bentuk asli.

Kemauan kuat dalam pencarian hingga menjadikan mobil tersebut benar-benar selesai sempurna, didorong oleh keinginannya agar meninggalkan warisan yang orisinil kepada generasi muda, tentang apa saja mobil yang pernah ada di jalan-jalan kota di Indonesia.

"Ini hal yang menarik, meninggalkan warisan bagi anak muda dan memberikan wacana, bahwa Mazda B600 itu ada beberapa tipe sedan, sedan deluxe, light truck pick up. Ini pengetahuan yang harus diwariskan," ujarnya.

Mazda B600 bukan mobil biasa. Model ini pernah dipakai oleh pejabat Negara khususnya di kalangan petinggi Sekertariat Negara (Sekneg) di masa kepemimpinan Presiden Soekarno, dalam Kabinet Gotong Royong tahun 1960-an.

"Sedannya banyak. Waktu itu dipakai Sekneg Kabinet Gotong Royong, di kabinetnya Bung karno tahun 60-an. Jadi mobil sekneg, waktu itu semua Mazda. Toyota ada tapi Mazda-nya," kisahnya berbagi cerita.

Untuk diketahui, Pak De Bei Budiono punya puluhan koleksi mobil antik, yang sudah jarang ditemui. Ia pelestari warisan otomotif yang tekun. Di garasinya ada mobil lawas Citroën, Colt Station Wagon, Toyota Corolla jadul dan masih banyak lagi.(elk)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!