MotoGP 2022: Alex Rins Geber Honda Hingga 2024, Ai Ogura Diproyeksikan Melapis Takaaki Nakagami

Rabu, 20/07/2022 03:36 WIB

mobilinanews (Italia) - Secara resmi tim satelit LCR Honda mengumumkan perpindahan Alex Rins ke kubu LCR Honda edisi balap 2023 hingga 2024. Ia menggantikan Alex Marquez yang sudah resmi gabung di tim Gresini Ducati. Tinggal nasib Takaaki Nakagami dan Ai Ogura di LCR Honda yang masih tanda tanya.

Langkah Rins ke LCR Honda sudah dipastikan sejak bulan lalu, namun baru pada Selasa (19-7-2022) berlaku resmi dengan penandatanganan kontrak antara rider Suzuki itu dengan team owner LCR, Luccio Cecchinello.

Rins yang sejak awal 2017 setia bersama Suzuki harus mencari tim baru mulai musim depan karena Suzuki sudah dipastikan mundur dari MotoGP di akhir musim 2022.

Cecchinello dalam keterangan resminya menyebut kepincut memakai jasa Rins tak lain karena rider Spanyol itu kaya pengalaman di kelas primer. Juga punya kemampun bertarung di zona podium.

"Ia kaya pengalaman. Seperti yang saya dengar, ia juga mampu memberikan arahan yang tepat kepada para teknisi untuk pengembangan motor. Itu yang kami butuhkan untuk meningkatkan paket motor kami, agar lebih banyak podium bisa diraih," kata Cecchinello.

Setelah lima tahun berturut di Suzuki, Rins mengakui bukan hal mudah untuk berganti tim dan karakter motor untuk balapan. Ia akan butuh adaptasi dan perjuangan tersendiri.

Namun ia sudah siap untuk tantangan itu.Kepercayaan yang dierikan Honda dan LCR menjadi modal semangat yang sangat penting.

"Saya siap 100% mempraktekkan semua pengalaman dan ilmu yang dipelajari selama ini di MotoGP. Saya berterima kasih atas kesempatan dan tantangan yang diberikan Honda dan LCR," ujar Rins yang prestasi terbaiknya di MotoGP meraih peringkat 3 kejuaaran dunia 2020.

Musim ini ia sementara berada di peringkat 9 klasemen dengan total poin 75. Ia dua kali finish podium di GP Argentina dan Amerika, P4 di Portugal dan P5 di GP Indonesia.

Sayangnya, ia tiga kali retire berturut di GP Prancis, Italia, dan Catalunya akibat kecelakaan. Ia juga tak bsia tampil di GP Jerman akibat cidera saat ditubruk Takaaki Nakagami (LCR Honda) di Catalunya. Artinya, total poin 75 ia raih dalam 7 balapannya yang mencapai garis finish.

Kinitinggal posisi Nakagami yang belum berkepastian di LCR Honda untuk tandem Rins nantinya. Rumor menyebut Nakagami akan diplot menjadi test rider Honda mendampingi Stefan Bradl, sekaligus menjadi pembalap cadangan. Calon penggantinya disebut-sebut adalah rider muda Ai Ogura yang saat ini tengah bertarung di jalur perebutan gelar kejuaraan dunia Moto2.

Menariknya lagi, Rins kemungkinan besar akan kembali bersama rekan setimnya saat ini di Suzuki, Joan Mir, karena ia tengah dalam proses negoisasi dengan tim pabrikan Repsol Honda. Mir akan gantikan Pol Esparagro (balik ke KTM) sebagai rekan satu tim Marc Marquez nantinya. 

Skenario lain, Rins menjadi kandidat pengganti jika Marquez belum bisa bertanding di awal musim 2023, atau lebih jauh lagi jika pembalap top Honda itu mengundurkan diri karena kondisi fisiknya.

Jika itu terjadi maka Rins dan Mir kembali bersatu dalam seragam dan motor yang sama, sementara Nakagami kembali ke LCR Honda. (rnp)

 

  

 

 

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!