Daihatsu Lanjutkan Kolaborasi dengan Pemerintah Lestarikan Penyu Untuk Indonesia

Selasa, 02/08/2022 01:28 WIB

mobilinanews (Bali) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melalui program CSR (Corporate Social Responsibility), ikut melestarikan keanekaragaman hayati bertajuk "Penyu Untuk Indoneia" dalam memperingati Coral Triangle Day 2022 dan mendukung Bulan Cinta Laut.

Acara ini melibatkan Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, dan mengajak Klub Daihatsu dan siswa-siswi dari SMK binaan yang berada di area Bali utnuk terlibat dalam konservasi.

Ada tiga agenda yang jadi fokus dalam acara ini yakni Pelepasliaran Tukik, bersih-bersih pantai bersama, Penandatanganan MoU perpanjangan kerjasama antara ADM dan KKP dalam melakukan perlindungan Penyu dan habitatnya, serta Donasi sarana dan prasarana dalam mendukung edukasi kepada Konservasi Penyu setempat.

Turut hadir pada acara ini perwakilan dari KKP, Muhammad Yusuf sebagai Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, dan perwakilan manajemen Daihatsu, Sri Agung Handayani selaku Marketing Director, dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor.

Daihatsu telah mendukung konservasi penyu sejak tahun 2011 dengan filosofi ingin menjadi seperti Penyu, sebagai salah satu hewan purba yang selalu adaptif di berbagai zaman. Sebab, menurut data para ilmuwan penyu sudah ada sejak Zaman Jura atau jutaan tahun lalu, dan masih hidup sampai sekarang.

Selain itu, alasan Daihatsu memilih hewan jenis reptil laut bernama ilmiah Chelonioidea ini adalah ingin terus melestarikan kehidupan penyu yang berpotensi terancam punah akibat meningkatnya sampah di laut, ditambah dengan fakta bahwa dari total 7 spesies penyu di dunia, 6 di antaranya berhabitat di Indonesia.

Daihatsu juga mendeklarasikan komitmen program Penyu Untuk Indonesia, dan bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia menyatakan komitmennya dalam usaha pelestarian lingkungan pada forum Our Ocean Conference yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2018 lalu.

Selain bertujuan sebagai fasilitas pelestarian penyu, Konservasi Penyu binaan Daihatsu juga menjadi media edukasi bagi pengunjung, serta aktif menerima kunjungan dari sekolah, mahasiswa yang sedang melakukan penelitian, hingga para wisatawan.

Hingga saat ini, Daihatsu telah mendukung 7 lokasi konservasi penyu yang berada di Batu hiu, Pangandaran yang diresmikan pada 2010, menyusul Perancak, Bali (2011); Pulau Pramuka di Taman Nasional Kepulauan Seribu (2014); Pasir Jambak, Padang (2018); Pantai Binasi di Tapanuli (2019); Alun utara, Bengkulu (2020); dan Jogosimo di Kebumen (2021). Mereka telah menetaskan serta melepas-liarkan sebanyak lebih dari 400.000 Tukik di seluruh Indonesia sejak 2010.

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani mengatakan kegiatan ini merupakan komitmen Daihatsu dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya pilar Hijau Bersama Daihatsu di bidang keanekaragaman hayati, yakni Penyu Untuk Indonesia.

"Kami berharap, aktivitas ini dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan, serta dapat menjadi sarana edukasi dan pariwasata yang edukatif,” ujar Sri Agung.(elk)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!