Willys Owners Indonesia Eksplorasi Alam dan Sejarah dalam Event D-Day of Morotai

Senin, 19/09/2022 12:30 WIB

mobilinanews (Maluku) - Komunitas Willys Owners Indonesia (WOI) menyelenggarakan event bertajuk ‘D-Day of Morotai’ yang berlangsung di Pulau Morotai, Maluku Utara, mulai 14 hingga 18 September 2022.

Event ini bertujuan melakukan napak tilas dan mengekplorasi sejarah dimana Pulau tersebut menjadi ajang pertempuran antara Amerika Serikat dan Australia (Pasukan sekutu) melawan pasukan Jepang dalam misi pembebasan Filipina.

Sebagai salah satu pulau di ujung Utara Indonesia, Morotai dengan luas 2.337,15 km² dan jumlah penduduk 74.565 jiwa (2020) tersebut menyompan banyak potensi. Mulai dari kekayaan alam bawa laut hingga keindahan alamnya yang luar biasa.

Pembina WOI, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna mengatakan, mereka memiliki obsesi untuk hadir di event D-Day of Normandy yang selalu diselenggarakan pada tanggal 16 Juni untuk memperingati penyerangan Sekutu menyerang Jerman di Normandy.

“Itu merupakan awal tujuan WOI datang di Pulau Morotai ini. Karena menurut rencana, kedatangan kami ke event tersebut tidak sekedar membawa nama WOI namun seluruh Bangsa Indonesia,” kata Nanan.

Sebelum hadir di Normandy, WOI menyempatkan mengunjungi Pulau Morotai. Karena menurut Nanan, Pulau Morotai ini juga memiliki peristiwa yang selevel, yaitu D-Day of Morotai yang merupakan bagian dari Perang Pasifik.

“Bukan memperingati penyerangan pasukan Jendral Douglas MacArthur terhadap tentara Jepang. Namun, kami ingin memberitahukan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia, bahwa di Morotai inilah awal dari berhentinya Perang Dunia II di Pasifik,” ungkap Nanan.

Ketua Panitia D-Day of Morotai, Bayuaji Yudha Prajas, mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta D-Day of Morotai dan juga para member WOI yang telah turut serta mensukseskan acara ini.

“Sangat senang bisa secara langsung mengunjungi Pulau Morotai yang memiliki sejarah panjang sebagai tempat perjanjian berakhirnya Perang Dunia II di Pasifik. Semoga dengan adanya D-Day of Morotai ini kita semua bisa mengambil intisari dari kejadian yang pernah terjadi di Pulau Morotai,” tutur Bayu.

Selain memiliki sejarah panjang, Pulau Morotai ini juga memiliki banyak tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, mulai wisata alam, wisata pantai, snorkeling, hingga diving.(elk)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!