MotoGP 2022 Australia: Bersama Legenda Lainnya, Nama Jack Miller Kini Melekat di Tikungan 4 Sirkuit Phillip Island

Minggu, 16/10/2022 01:28 WIB

mobilinanews (Australia) - Jelang kualifikasi GP Australia, Sabtu (15/10) ada prosesi sahdu di T4 Sirkuit Phillip Island. Tikungan yang sebelumnya bernama Honda Corner itu berganti nama jadi Miller Corner.

Yang dapat kehormatan adalah Jack Miller, joki tim pabrikan Ducati yang tahun depan pindah ke tim pabrikan KTM.

Local hero Australia itu sebenarnya belum jadi legenda di ajang balap motor dunia. Tak pernah juara dunia. Di kelas MotoGP pun baru meraih 4 kemenangan sejak debutnya pada 2015.

Tapi, pembalap berjuluk The Jackass menjadi rider yang disukai dan dihormati di paddock maupun fans MotoGP.

Ia dikenal periang, suka ngebanyol, dekat dengan fans dan punya ciri khas minum sampanye dari dalam sepatunya saat selebrasi di podium. Gaya selebrasi yang lantas jadi trade mark Australia.

Kebesaran dari sisi berbeda itulah pertimbangan manajemen Phillip Island mengabadikan namanya di T4. Beda dengan tiga rider Australia sebelumnya yang diabadikan di sana dan semuanya bergelar juara dunia.

Mereka adalah juara dunia GP500 musim 1987, Wayne Gardner, yang jadi pembalap Australia pertama menjuarai kelas paling bergengsi di balap motor dunia. Namanya digunakan untuk menyebut lintasan lurus start/finish Phillip Island.

Selanjutnya adalah pembalap legendaris Honda, Mick Doohan, yang mengoleksi 5 gelar juara GP500. Namanya diabadikan untuk Tikungan 1 atau T1.

Berikutnya di T3 jadi milik Casey Stoner yang berjaya di era MotoGP dengan dua gelar, 2007 (Ducati) dan 2011 (Honda). Dan hari ini T4 resmi bernama Miller Corner.

"Ini penghargaan yang sangat luar biasa setelah perjalanan panjang dan hasil yang bisa saya dapatkan. Pertama kali saya tampil di sini pada 2009 dan selalu hal istimewa berlomba di sini. Terima kasih untuk semuanya," ucap Miller sembari menggenggam sertifikat kebanggaannya.

Ia pun bercerita kalau sangat kebetulan ia menerima penghargaan di T4 karena tikungan berkarakter cepat itu memang favoritnya, bahkan keluarganya, di Phillip Island.

"Sejak dulu setiap saya balap di sini, orangtua saya selalu memilih menonton dari tikungan ini. Karena tikungan ini adalah tempat menyalip yang luar biasa," cerita Miller. (rnp)

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine