Charged Maleo Hadirkan Tiga Motor Listrik untuk Masyarakat Indonesia, Ini Tipe dan Modelnya!

Senin, 24/10/2022 12:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Charged Indonesia, scale up manufaktur motor listrik dan partner lokal Vmoto Soco Group resmi memperkenalkan tiga model motor listrik yang akan menyemarakan pasar motor listrik di Tanah Air.

Ketiga motor tersebut adalah Charged Anoa, Rimau dan Maleo. Ketiga motor ini merupakan produk dari Vmoto Soco, dua brand otomotif dari Cina dan Eropa, yang direbranding di Indonesia dengan nama-nama lokal.

Alasan pemilihan nama lokal untuk ketiga model motor Charged Indonesia adalah mengeksplorasi kekayaan fauna asli Indonesia, melalui binatang-binatang endemik yang hanya ada di Indonesia.

"“Charged Indonesia mengagumi kekayaan dan pesona fauna khas Indonesia seperti Anoa, Rimau and Maleo. Sayangnya keberadaan mereka terancam punah. Alasan ini yang membuat kami menamai tiga kendaraan pertama kami menggunakan nama mereka," kata Brand Manager Charged Indonesia, Yudi Permana Sukma di Kemang, Jaksel, Senin (24/10/2022).

Bergerak lebih jauh dari itu, Yudi memaparkan bahwa mereka akan menjalankan visi besar mereka untuk mendukung dan menjadi bagian dari kemajuan dunia elektrifikasi, yang memberikan dampak positif yang lebih besar bagi lingkungan.

Saat ini, Charged Indonesia juga memiliki pabrik di Cikupa, Tangerang, Banten, yang memproduksi motor listrik secara CKD (Completely Knock Down), dan akan terus menambahkan komponen lokal yang akan membuat unit Charged Indonesia benar-benar menjadi produk anak bangsa.

"kita lihat di Indonesia sendiri, motor listrik masih baru. Jadi belum banyak perusahaan yang bisa buat komponen bodi, strukturnya terutama baterai dan motor listriknya. Untuk itu kenapa kita didukung oleh Vmoto Soco untuk mengambangkan motor listrik kita sendiri pada beberapa tahun ke depan," paparnya.

Bedah Produk dan Model Bisnis

Charged Anoa dirancang sebagai motor listrik heavy duty untuk komersial dengan kapasitas beban maksimum 150 kg tanpa penunggang. Ia memiliki volume maksimum 250 liter. Motor ini dibakali dua baterai lithium yang mampu mencapai jarak tempuh 200 km dengan pola berkendara efisien.

Bobot motor tanpa baterai adalah 135 kg dengan ground clearance 145 mm dan kecepatan maksimum 90 km / jam. Fiturnya antara lain bracket di bagian depan, samping dan belakang untuk instalasi bagasi membuat Charged Anoa sangat cocok untuk logistik, bisnis dan komersial.

Charged Rimau adalah motor listrik sporty yang dinamis dan dilengkapi berbagai fitur premium. Charged Rimau merupakan motor yang dikhususkan untuk konsumen dan menawarkan performa bertenaga, kecepatan, tempat duduk luas serta area pijakan kaki yang lega untuk pengendara maupun penumpang.

Charged Rimau menggunakan dua baterai lithium yang mampu mencapai jarak tempuh 200 km dengan pola berkendara efisien. Kecepatan maksimum yang mampu dicapai Charged Rimau adalah 95 km / jam. Bobot bersih motor berada di angka 135 kg dengan ground clearance 145 mm.

Dari segi fitur keamanan, seperti tipe motor Charged lainnya, Charged Rimau telah dilengkapi combined braking system (CBS) dan sistem pintar terintegrasi, termasuk fitur anti pencurian dan tombol start/stop tanpa kunci.

Berbeda dengan dua jenis lainnnya, Charged Maleo menggunakan double batteries. Bobot bersih motor ini hanya 84 kg tanpa baterai dengan kapasitas beban maksimum 100 kg. Charged Maleo memiliki kecepatan maksimum 70 km / jam dan jarak tempuh maksimum 125 km dengan pola berkendara efisien.

Untuk waktu pengisian daya baterai berkisar 5 jam dan tersedia fast charger opsional yang memungkinkan waktu pengisian daya baterai lebih singkat menjadi 3 jam dari 10% ke 100%. Pengisian daya dapat dilakukan langsung ke motor atau baterai bisa dikeluarkan dari motor.

Ketiga motor listrik Charged Indonesia ini sekarang sudah tersedia untuk wilayah Jabodetabek dengan sistem berlangganan. Saat ini periode langganan yang tersedia adalah 6, 9 dan 12 bulan dengan biaya berlangganan Rp 1,650,000 per bulan termasuk pajak.

Menariknya sedlama periode berlangganan ini, pelanggan bisa menukar atau mengganti tipe motor listrik yang ingin digunakan sesuai kebutuhan. Selain itu, pelanggannya juga dapat menikmati berbagai layanan seperti bantuan darurat di jalan dan servis gratis di e Shed Charged.

Bagi masyarakat yang ingin mencoba motor listrik Charged dapat mendaftarkan diri untuk test ride di e Shed Charged Indonesia yang berada di Kemang-Jakarta Selatan dan Cikupa, Tangerang.(elk)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!