Kawasaki Siap Hadirkan Motor Listrik Pertama Di Akhir 2022, Ini Modelnya!

Jum'at, 28/10/2022 14:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kawasaki merupakan salah satu pabrikan motor yang terus mengambangkan produknya. Meskipun rajin meluncurkan model-model premium baik segmen sport premium dan supermoto, Kawasaki masih sepi bicara soal motor listrik.

Berkaitan dengan itu, kini mereka menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan protipe motor listrik pertamanya, yang akan segera dibawa ke pasar. Prototipe motor listrik ini pertama dihadirkan di pameran perdagangan sepeda motor Intermot baru-baru ini di Cologne, Jerman.

Kawasaki memastikan prototipe motor listrik pertamanya ini akan memasuki pasar sebelum akhir tahun 2022 dan merupakan bagian dari rencana Kawasaki untuk menawarkan lebih dari 10 sepeda motor listrik dan hibrida hingga pada tahun 2025.

Prototipe motor listrik ini, akan menjadi setara dengan sepeda motor berkubikasi mesin 125 cc ketika memasuki pasar. Menariknya motor ini, memiliki desain sederhana namun memikat sebagai sebuah motor listrik.

Bagi Kawasaki, motor listrik tidak harus tampil mentereng dan menipu mata, tapi yang terpenting ia memiliki kapasitas baterai yang cukup mengakomodir kebutuhan mobilitas perkotaan. Desain Prototipe motor listrik ini, sangat mirip dengan Kawasaki Z400 dan memiliki rangka yang sama.

Managing Director Kawasaki Motors Eropa, Masaya Tsuruno mengatakan tentang rencana perusahaan di Intermot, dimana mereka akan menghadirkan tiga kendaraan listrik secara global pada akhir tahun 2022. Meskipun demikia mereka belum akan meninggalkan mesin konvensional.

"Kawasaki sedang mengembangkan sepeda listrik, itu belum berarti kami akan meninggalkan mesin pembakaran internal. Kami juga sementara mempertimbangkan penggunaan e-fuel dan biofuel," tutur Masaya Tsuruno, melansir Carscoops.

Motor listrik Kawasaki menggunakan bodywork, tail, cluster lampu depan, dan pengaturan suspensi depan EV yang identik dengan Z400. Satu perubahan yang jelas adalah tangkinya yang terlihat lebih kecil, karena tentu motor listrik tidak membutuhkan tangki bensin tradisional.

Untuk mendukung keamanan saat pengereman, Kawasaki membekali motor listriknya sistem pengereman berteknologi tinggi seperti yang dimiliki Z300 atau Ninja 300.

Kawasaki belum menyampaikan secara detail soal spesifikasi teknis prototipe motor listrik pertama mereka, Pengembangan masih dilakukan, dan model produksi akan menyusul. Sepeda motor listrik model produksi diharapkan sama dengan model prototipe.(elk)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine