Kenali Sumber Suara Kasar dari Ruang Mesin dan Cara Mencegahnya

Selasa, 29/11/2022 08:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Suara mobil yang keras dan kasar dari bagian mesin tentu menganggu pengguna kendaraan. Hal ini bisa diidentifikasi dengan cepat, karena pengemudi kenal betul dengan suara mobil yang normal.

Biasanya jika terjadi perubahan suara mesin mobil, tentu pengemudi akan bertanya-tanya apa yang menyebabkan hal itu. Tak sedikit juga panik, apalagi bila ada di tengah kemacetan.

Berikut beberapa komponen yang bisa AutoFamily periksa untuk mengetahui sebab timbulnya suara kasar dari ruang mesin, atau segera bawa ke Cabang Auto2000 terdekat, atau hubungi Auto2000 Home Service.

1. Kompresor AC Mobil

Penyebab pertama suara kasar dari ruang mesin adalah dari kompresor AC mobil. Komponen pendingin kabin ini bisa menimbulkan suara berisik dan kasar, terutama jika olinya sudah mulai habis. Pastikan oli kompresor AC tidak sampai kering, karena akan membuat komponen tersebut jebol.

2. Oli Mesin

Oli mesin yang kurang membuat komponen mesin tidak mendapatkan pelumasan yang optimal. Dalam jangka panjang sangat merugikan, seperti risiko turun mesin akibat komponen mesin yang saling bergesekan semakin cepat aus dan macet. AutoFamily wajib mengecek oli mesin secara rutin untuk memastikannya tetap optimal.

3. Sabuk Pemutar

Beberapa komponen mobil menggunakan tenaga mesin untuk bekerja, seperti kompresor AC dan alternator, melalui sabuk pemutar untuk memindahkan tenaga mesin ke komponen tersebut. Sabuk pemutar akan mengalami keausan karena pemakaian. Segera ganti sabuk pemutar supaya tidak putus dan menimbulkan masalah lebih besar.

4. Celah Katup Mesin

Suara mesin kasar dapat pula timbul akibat celah antara katup dengan penekannya yang terlalu rapat atau longgar. Celah ini dapat berubah dan menyebabkan bunyi seperti logam bergesekan sehingga menimbulkan suara kasar. Apalagi jika oli kurang sehingga tidak mendapatkan pelumasan yang optimal.

5. Tensioner dan Timing Chain

Timing chain, berfungsi untuk menggerakkan camshaft dengan menerima putaran dari crankshaft. Sedangkan tensioner berfungsi menjaga ketegangan rantai agar dapat berputar dengan stabil. Seiring waktu, timing chain akan mengalami penurunan performa, seperti kendur sehingga menimbulkan bunyi.

Servis Berkala Untuk Mencegah Bunyi Kasar dari Ruang Mesin

Seluruh masalah di atas dapat dicegah kalau AutoFamily rajin menjalankan servis berkala setiap 6 bulan sekali. Dalam perawatan dibengkel, teknisi Auto2000 akan melakukan pemeriksaan seluruh komponen mobil, termasuk yang berada di balik kap mesin.

Urusan Toyota lebih mudah, AutoFamily juga bisa memanfaatkan program T-CARE yang merupakan program Gratis Biaya Servis dan Suku Cadang hingga servis berkala ke-7 atau di 60.000 kilometer. Ada juga perpanjangan garansi (extended warranty) 1 tahun atau 20.000 km, dengan syarat harus menjalankan servis berkala 1 bulan pertama.

Auto2000 Digiroom menyediakan Promo Kupon Servis dan Ganti Oli Toyota untuk pemeriksaan komponen mobil dan ganti oli dengan memanfaatkan Kupon Servis General Check Up seharga Rp 80.000. Program servis lain yang ditawarkan adalah Paket SPONTAN yang tidak terpengaruh kenaikan biaya jasa dan spare parts. Syarat dan ketentuan berlaku.

“Suara kasar dari balik ruang mesin dapat terjadi jika ada masalah pada salah satu komponen mobil di dalamnya.Cara paling mudah untuk mengatasinya, adalah datang ke bengkel Auto2000 terdekat atau Auto2000 Home Service (THS),” jelas Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, Senin (28/11/2022).

 

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine