Jadi Kei Car of the Year 2022/2023, Nissan Sakura dan Mitsubishi eK X Jawab Masalah Harga EV yang Mahal

Senin, 12/12/2022 00:03 WIB

mobilinanews (Tokyo) - Nissan Sakura dan saudara dekatnya, Mitsubishi eK X,menjadi dua mobil listrik mungil yang diganjar penghargaa Kei Car of the Year 2022/2023 dalam kategori kendaraan di Jepang untuk microcars.

Mitsubishi eK X dikembangkan dan diproduksi melalui usaha patungan Nissan Mitsubishi Kei Vehicle (NMKV), yang menggunakan powertrain yang sama dengan Sakura, meskipun memiliki desain dengan gaya yang berbeda.

Kedua perusahaan masing-masing Mitsubishi dan Nissan, berkontribusi dalam pembuatan mobil listrik mungil ini untuk melayani pasar Kei Car yang tren di Negeri Samurai biru tersebut

Dengan hadirnya mobil Kei car listrik Sakura dan eK X, rintangan kepemilikan EV dengan harga yang realistis dapat diatasi telah dan membuat banyak pengembang baterai ikut bertumbuh dalam suplai baterai EV di Jepang.

Dari segi performa berkendara, EV Kei car tidak jauh berbeda dengan mobil konvensional, namun secara handling dan performanya, ia mengungguli mobil Kei konvensional, yang tidak sedemikain responsif ketika dikendarai

Kedua mobil Kei juga dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi canggih, dengan fungsi pendukung berkendara yang sebanding dengan mobil mewah. Hal ini sangat mendukung keamanan dan kenyamanan yang menjadi tuntutan pasar otomotif saat ini.

Sakura dan eK X menjadi mobil listrik yang digerakkan oleh motor listrik yang ditenagai oleh baterai lithium-ion 20 kWh, 350 volt yang dipasang di lantai bawah. Outputnya mencapai 64 PS dan torsi 195 Nm dengan kecepatan tertinggi hanya 130 km/jam.

Dengan muatan penuh, kedua mobil dapat mampu menjangkau jarak hingga 180 km berdasarkan standar WLTC. Untuk pengisi daya DC 30 kW, diperlukan waktu hingga 40 menit untuk mengisi daya hingga 80% status pengisian daya (SoC).

Aki mobil Kei juga dapat digunakan sebagai sumber daya seluler pada saat situasi darurat untuk menyediakan listrik sehari untuk kebutuhan rumah tangga.(Erwin)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine