Cara Mudah Memilih Ban Agar Mendukung Performa Mobil, Ini Kiatnya

Selasa, 03/01/2023 17:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Ban merupakan salah satu komponen terpenting mobil. Ia menjadi satu-satunya komponen yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan. Untuk itu pemilihan ban mobil harus sesuai dengan spesifikasi mobil agar lebih aman.

Jangan salah memilih tipe ban. Setiap kendaraan punya tipe dan ukuran bawaan sendiri. Tipe tersebut sudah tertulis pada bagian plakat laci atau pintu, tergantung jenis mobil.

Selain itu, ada juga yang mencantumkan spesifikasi ban di dekat tutup tangki bahan bakar. Jadi untuk mendapatkan ban yang mendukung performa ban, pemilihannya harus tepat sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Memilih ban mobil juga bisa dilihat dari petunjuk penggunaan dan penyertaan tipe dan ukuran ban. Tipe tersebut diterangkan pada kombinasi sebuah kode.

Sebagai contoh, jika ada ban mobil diberi kode P 215/55R17 93V, huruf ‘P’ merupakan kode yang berarti Passenger. Arti dari Passenger di sini adalah mobil ini memang didesain untuk mengangkut orang.

Untuk jenis lainnya ada juga tipe ban LT untuk Light Truck atau truk kecil yang bisa membawa muatan barang. Lalu ada ST untuk Special Trailer dan T untuk Temporary yang dikhususkan kepada ban serep atau cadangan sehingga tidak bisa dipakai terus menerus.

Perhatikan juga ukuran ban mobil. Pemilik mobil harus mengetahui dulu arti dari kode-kode yang diukir di permukaan samping ban. Sebenarnya, cara menerjemahkan kode tersebut cukup mudah.

Misalkan kode ban mobil kamu adalah 205/55 R16 91 V, maka angka 205 yang pertama menunjukkan tentang berapa lebar telapak ban dalam satuan mm. Angka 60 dapat diartikan sebagai aspek rasio ketebalan ban dalam persentase atas lebar tapaknya.

Sedangkan angka 16 merupakan informasi terkait dengan diameter velg yang dicantumkan dalam satuan inci dan angka 91 menunjukkan indeks beban maksimum.

Dalam memilih ban mobil, bisa membedakan dengan kriteria. Ada ban tubetype (dengan ban dalam) dan tubeless. Ada pula ban radial dan ban bias, yang dibedakan berdasarkan konstruksinya. V adalah kode yang menunjukkan batas kecepatan maksimum.

Setiap ban memiliki kode yang berbeda seperti S, Q, H, Z, dan lainnya.(erwin)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!